Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Belajar dari Peristiwa Waduk Kedung Ombo, Polda Jateng Terjunkan Tim Sar Arnavat Selama Libur Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 28 April 2022, 11:28 WIB
Belajar dari Peristiwa Waduk Kedung Ombo, Polda Jateng Terjunkan Tim Sar Arnavat Selama Libur Lebaran
Ditpolairud Polda Jateng siagakan personel tim Sar Arnavat/RMOLJateng
rmol news logo Sebanyak 100 personel tim Sar Arnavat disiagakan Ditpolairud Polda Jateng di titik wisata bahari dan air yang menjadi tujuan masyarakat saat libur Idulfitri 2022.

Hal ini dilakukan guna meminimalisir angka kecelakaan air saat masyarakat berwisata.

Dirpolairud Polda Jateng, Kombes Hariadi berharap kecelakaan di laut tahun ini tidak terjadi.

Pihaknya pun sudah mengantisipasi termasuk mengarahkan Kasatpol Airud dan Kapolres jajaran yang mempunyai wisata bahari, baik itu di pantai, waduk ataupun alur sungai.

"Jangan sampai kejadian tahun 2021 di Waduk Kedung Ombo pada bulan Mei terulang kembali. Untuk mengantisipasi hal serupa, kami sudah siapkan personel on call 1x24 jam," ujar Kombes Hariadi didampingi Wadir Polairud Jateng AKBP Yohanes Budi Sarwono saat apel kesiagaan di Dermaga Polairud Jateng, Kamis (28/4).

Dalam kesempatan tersebut, Kombes Hariadi mengimbau masyarakat, pengelola rekreasi, dan transportasi air untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan SOP bila bepergian dengan menggunakan transportasi air.

"Jangan sampai kelebihan muatan orang maupun barang atau over kapasitas dan selalu menggunakan pelampung," pungkasnya.

Dalam apel kesiapsiagaan Operasi Ketupat Candi 2022 ini, Dirpolairud juga berkesempatan mengecek peralatan tim SAR yang akan diterjunkan ke pelabuhan dan wisata bahari.

Setidaknya ada sekitar 20 set peralatan di antaranya sonar pendeteksi bawah air dan perlatan selam lengkap dengan tabung oksigen. rmol news logo article
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA