Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sudah Dibebaskan, Polda Lampung Sempat Amankan 40 Orang Demonstran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 13 April 2022, 21:51 WIB
Sudah Dibebaskan, Polda Lampung Sempat Amankan 40 Orang Demonstran
Aksi mahasiswa di Lampung/RMOLLampung
rmol news logo Polda Lampung sempat menangkap 40 orang mahasiswa demonstran yang tergabung dalam Aliansi Lampung Memanggil.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan bahwa 20 orang yang diamankan itu merupakan pelajar.

"40 itu terdiri 20 (orang) adalah pelajar SMP dan SMA. Yang 20 lagi adalah kelompok daripada masyarakat dan mahasiswa," kata Pandra, Rabu (13/4).

"Mahasiswa ada sembilan orang dan 11 orang itu adalah kelompok masyarakat, pekerja dan sebagainya," sambungnya.

Pandra mengungkapkan bahwa sebelumnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat sudah melarang pelajar ikut dalam demo. Terlebih, mereka juga ikut demo di jam belajar mengajar.

Karena hal inilah, kata Pandra, menjadi dasar pihaknya melakukan penangkapan terhadap sejumlah pelajar yang ikut dalam unjuk rasa bersama mahasiswa itu.

"Bahkan, orang tua masing-masing ada yang terkejut. Kenapa bisa ada di tengah-tengah massa demo ini. Jadi berarti di sini dituntut para orang tua itu harus peduli dengan keberadaan putra putrinya, itu harapan kita," kata Pandra.

Dalam aksi demonstrasi yang digelar di Lampung, massa sempat bersitegang dengan aparat keamanan. Massa ingin menerobos masuk kantor DPRD Lampung, sementara polisi tidak memberi jalan.

Setidaknya 11 mahasiswa pingsan saat aksi demonstrasi berjalan. Semuanya diberi perawatan di ambulans yang bersiaga di lokasi.

Mahasiswa juga mengultimatum pemerintah tiga hari untuk memenuhi tuntutan. Terutama soal harga pangan yang perlu distabilkan. Jika tidak, mahasiswa bertekad menggelar aksi yang lebih besar.rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA