Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mudahkan Layanan Masyarakat, Kapolri Resmikan Sarpras Kepolisian dan Solo Smart City

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 18 Februari 2022, 23:19 WIB
Mudahkan Layanan Masyarakat, Kapolri Resmikan Sarpras Kepolisian dan Solo Smart City
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan Sarpras Kepolisian dan Solo Smart City/RMOL
rmol news logo Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan Gedung Mako Polresta Surakarta, Gedung Satpas SIM Polres Sukoharjo, Gedung Satpas SIM Polres Wonogiri, Rusun Polresta Banyumas, Rusun Polres Demak, hingga meluncurkan Solo Smart City.

Sigit berharap, dengan diresmikannya sejumlah sarana dan prasarana (Sarpras) kepolisian dan Solo Smart City tersebut sejalan dengan semangat konsep Presisi terkait transformasi pelayanan publik.

Dengan peresmian itu, Sigit berharap, pelayanan terhadap masyarakat akan berjalan semakin optimal. Kata Sigit, paling terpenting masyarakat mendapatkan pelayanan yang mudah dan tidak berbelit-belit.

Sigit menyatakan bahwa peresmian berbagai Sarpras itu adalah mewujudkan transformasi pelayanan publik. Imbasnya, masyarakat bisa benar-benar merasakan pelayanan Polri.

"Sehingga pelayanan semakin baik dirasakan oleh Masyarakat dengan pelayanan yang tidak berbelit-belit dan dirasakan mudah," kata Sigit di Polresta Surakarta, Jumat (18/2).

Terkait Solo Smart City, mantan Kabareskrim Polri ini menjelaskan, konsep tersebut merupakan perpaduan antara pihak Kepolisian dengan seluruh stakeholder di Pemerintah Kota Solo.

Menurutnya, kedepan Polri dan Pemkot Solo akan berkolaborasi untuk memberikan pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada.

"Untuk kemudian bersama-sama bisa memberikan pelayanan yang bersifat Command Center, Emergency Command Center terhadap peristiwa yang terjadi dan kemudian membutuhkan pelayanan cepat," ujar mantan Kapolda Banten itu.

Dengan sistem integrasi ini, kata Sigit, nantinya akan saling mengisi untuk segera memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan cepat. Ia mencontohkan, langkah pelayanan itu untuk merespons terjadinya aksi kriminalitas, kebakaran, dan kecelakaan.

"Dimana masing-masing fungsi dengan satu sistem pelayanan yang ada ini kemudian terkoneksi dengan cepat. Anggota-anggota yang di lapangan melakukan langkah mulai dari mencari, mengamankan, menangkap pelaku dan secara cepat melakukan pemadaman. Ini bisa kita laksanakan dengan baik dan itu semua karena adanya kolaborasi dan integrasi yang kita laksanakan," ucap Sigit.

Sigit berharap, Solo Smart City ini kedepannya akan terus ditingkatkan untuk menjadi semakin lebih baik. Serta dilakukan evaluasi dengan melakukan perbandingan konsep smart city yang ada di dunia.

"Kita harapkan, Solo Smart city ini bisa menjadi role model yang kemudian kita replikasi, untuk kita kembangkan di kota lain. Bukan hanya tingkat kabupaten, namun juga kita kembangkan di tingkat provinsi. Nanti kedepan kita bisa kembangkan di tingkat nasional atau tingkat lebih besar. Itu tentu menjadi harapan kita. Kita mulai dari Solo Smart City," papar Sigit.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA