Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tunjuk Atlet Uighur Nyalakan Api Olimpiade Beijing 2022, Cara China Jawab Kritik Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 05 Februari 2022, 10:14 WIB
rmol news logo Olimpiade Beijing 2022 resmi dibuka pada Jumat malam (4/2) waktu setempat oleh Presiden China Xi Jinping. Berlangsung meriah dan mewah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Namun, ada pemandangan lain yang tak kalah menarik perhatian selain kilauan cahaya lampu bernuansa biru malam itu, yaitu hadirnya sosok dua atlet Tiongkok, pemain ski lintas alam Dinigeer Yilamujiang dan atlet gabungan Nordik Zhao Jiawen yang menyalakan kuali Olimpiade.

Penunjukan Yilamujiang, seorang etnis Uighur dari Xinjiang oleh China sepertinya bukan tanpa alasan. Ini seolah menjadi pembuktian atas tudingan negara-negara Barat soal adanya dugaan pelanggaran hak asasi manusia dan diskriminasi yang dilakukan terhadap etnis minoritas itu.

Yilamujiang (20) berasal dari Altay, Xinjiang, terlibat dalam atletik sejak usia muda. Ayahnya adalah seorang instruktur ski lintas alam , dan pada saat berusia 5 tahun, dia mulai belajar bermain ski untuk menavigasi kampung halamannya yang bersalju.

Yilamujiang berlatih ski lintas alam dan biathlon — yang menggabungkan ski lintas alam dan menembak senapan — ketika dia masih muda dan menjadi pelari jarak jauh di sekolah menengah. Dia mengalihkan fokus pelatihannya ke ski lintas alam pada saat dia berusia 15 tahun.

Dia memulai debutnya di acara FIS, Federasi Ski Internasional, pada 2018 dan selesai di tempat ke-184 dalam ski lintas alam sprint. Pada 2019, ia berada di tim nasional Tiongkok, dan pada bulan Maret tahun itu, menjadi peraih medali Tiongkok pertama dalam acara tingkat FIS dengan finis kedua di leg wanita pembuka seri sprint tiga kaki di Beijing.
“Saya sangat senang bisa menyelesaikan balapan internasional pertama saya dengan hasil yang tidak saya duga sama sekali,” katanya kepada China Daily saat itu .

Pada kejuaraan dunia 2021, Yilamujiang finis ke-41 secara individu di nomor 10 kilometer dan membantu rekan satu timnya finis ke-13 di nomor sprint beregu. Sebelum itu, ia dua kali finis di 10 besar lomba lari 5 kilometer dalam tiga penampilan Kejuaraan Dunia Junior.

Dia menuju ke Olimpiade dengan catatan yang kuat setelah beberapa penyelesaian terbaiknya di acara FIS di Hot Spring Xinjiang. Dia finis empat besar di ketiga acara yang diikutinya selama awal Januari, termasuk finis pertama di nomor 5 kilometer.

“Tujuan saya adalah memenangkan medali di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022,” kata Yilamujiang kepada CGTN.

Sebuah laporan yang dirilis Juni lalu oleh Amnesty International memperkirakan ratusan ribu orang Uighur, yang sebagian besar adalah Muslim, diduga ditahan secara sewenang-wenang di Xinjiang.

China telah membantah semua tuduhan pelanggaran hak asasi manusia, menyebutnya "kebohongan total" dan "permainan politik yang mengabaikan fakta dan memiliki motif tersembunyi."

Sejumlah negara, dimotori Amerika Serikat telah menyatakan boikot diplomatik atas penyelenggaraan Olimpiade Beijing 2022 terkait dengan permasalahan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA