Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Buntut Demo Rusuh, Polda Jabar Tangkap Pentolan GMBI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 28 Januari 2022, 15:11 WIB
Buntut Demo Rusuh, Polda Jabar Tangkap Pentolan GMBI
Kabid Humas Polda Jawa Barat Ibrahim Tompo/Net
rmol news logo Polda Jawa Barat menangkap Ketua Umum ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) buntut dari aksi unjuk rasa ricuh di depan Mapolda Jawa Barat.

"Tadi pagi sudah menangkap Ketua Umum GMBI atas nama saudara F di kediamannya," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jum'at (28/1).

Meski telah diamankan, kata Ibrahim, status F masih sebagai saksi belum ditetapkan sebagai tersangka. Pasalnya, kata dia, polisi masih melakukan pemeriksaan mendalam. Selain Ketum GMBI, penyidik Polda Jabar juga telah mengamankan sejumlah anggota ormas tersebut yang hadir memimpin aksi unjuk rasa.

"Sekarang sedang dilakukan pemeriksaan, termasuk juga beberapa orang yang kemarin sempat memimpin aksi," kata Ibrahim.

Ia menambahkan, polisi masih bergerak untuk mengejar para anggota GMBI lainnya yang kemarin turut serta dalam aksi anarkistis tersebut. Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap ratusan massa aksi secara maraton. Hal ini dilakukan guna menyisir siapa saja yang terlibat unsur pidana.

"Pemeriksaan akan dilakukan secara maraton, karena ada banyak. Supaya bisa dilihat siapa-siapa yang terlibat pidana," ungkapnya.

Sebelumnya, ratusan massa aksi yang tergabung dalam ormas GMBI melakukan demo di Mapolda Jabar kemarin. Para anggota GMBI tersebut menuntut Polda Jabar mengusut kasus bentrok antar ormas yang terjadi di wilayah Karawang, pada November 2021. Namun, aksi demo justru berujung ricuh. Pedemo diketahui merusak sejumlah fasilitas umum dan bahkan ada yang menaiki patung Macan Lodaya di Mapolda Jabar.rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA