Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi VII DPR Ungkap Ada "Ratu Batubara" Produksi 1 Juta Ton Sebulan, tapi Dibiarkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 14 Januari 2022, 08:35 WIB
Komisi VII DPR Ungkap Ada "Ratu Batubara" Produksi 1 Juta Ton Sebulan, tapi Dibiarkan
Anggota Komisi VII DPR RI, Muhammad Nasir/Net
rmol news logo Dugaan praktik penjualan batubara tersembunyi di Kalimantan Timur dibongkar anggota Komisi VII DPR RI, Muhammad Nasir.

Dalam Rapat Kerja bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, politisi Demokrat itu menyebut ada satu nama yang ia sebut sebagai "ratu batubara". Ia menjual batubara keluar negeri dengan menggarap pembelian batubara dari dalam negeri.

"Produksi 'ratu batubara' itu mencapai 1 juta ton per bulan. Tapi tidak ada laporan dari Kementerian ESDM kepada kita," kata Nasir di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/1).

Nasir mengatakan, sosok ratu batubara itu sejatinya sudah banyak dikenal. Namun keberadaannya seakan diabaikan pemerintah.

"Semua tahu dia pemain batubara dan tambangnya diambilin ke mereka. Namanya Tan Paulin, terkenal sekali di Kaltim dan dibicarakan di sana," lanjutnya.

Namun, pernyataan Muhammad Nasir ini dibantah oleh Menteri ESDM, Arifin Tasrif. Ia meminta apa yang disampaikan tersebut harus berdasarkan data dan fakta.

"Apa yang sampaikan tidak benar," tutur Arifin Tasrif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA