Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Marzuki Mustamar Jadi Caketum PBNU, Ulama Jatim Ingin Muktamar Lepas dari Kepentingan Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 12 Desember 2021, 02:29 WIB
Dukung Marzuki Mustamar Jadi Caketum PBNU, Ulama Jatim Ingin Muktamar Lepas dari Kepentingan Politik
KH Marzuki Mustamar/Net
rmol news logo Para gawagis ulama Jawa Timur tak hanya menyatakan dukungan mereka kepada KH Marzuki Mustamar sebagai calon Ketua Umum PB NU. Mereka juga menyatakan sikap terkait pelaksanaan Muktamar ke-34 NU di Lampung pada 23-25 Desember 2021 mendatang.

Ada  sikap yang ditegaskan para ulama Jawa Timur ini. Pertama, mendukung penuh pelaksanaan Muktamar ke-34 di Lampung yang damai dan sejuk tanpa ada campur tangan kekuasaan dan kepentingan politik, serta bebas dari proses negosiasi transaksional yang tidak sesuai dengan ciri khas akhlakul karimah warga NU dalam menentukan pimpinan.

Kedua, memohon kepada Rais am terpilih pada Muktamar ke-34 di Lampung untuk menimbang, menolak, membatalkan calon yang telah atau jika terbukti melakukan praktik yang tidak sesuai dengan melakukan intimidasi politik maupun transaksional, mempengaruhi konstituen baik PW maupun PC agar pemilih kepada salah satu calon yang dimaksud.

"Ketiga, meminta dan menegaskan kepada almukarom drs KH Marzuki Mustamar, untuk bersedia maju sebagai calon Ketua Umum PBNU dan siap berkhidmat untuk kepentingan NU ke depan jika terpilih dalam ke-34 di Lampung demi terciptanya suasana NU yang lebih santun, bermartabat dan berbudaya akhlakul karimah," terang Pengasuh Pondok Pesantren Metal Moeslim Al Hidayat yang sekaligus koordinator acara deklarasi dukungan, KH Nurkholis Almaulani, Sabtu (11/12).

Kemudian, yang keempat, memanggil hati nurani kepada seluruh konstituen atau pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan benar sesuai kaidah yang telah diamanatkan NU, tanpa ada unsur paksaan dari manapun yang nantinya akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT dan di hadapan para muaziz, pendiri Nahdlatul Ulama.

"Kelima, dengan berlandaskan aqidah Aswaja an-nahdliyah serta ciri khas Islam nusantara, diharapkan kepada semua pihak untuk mentaati segala keputusan dari hasil Muktamar NU ke 34 di Lampung dengan hati yang ikhlas ridho dan tawadu," tambahnya.

Dengan dikeluarkannya deklarasi dukungan terhadap KH Marzuki Mustamar ini, para gawagis berharap agar organisasi NU bisa selamat dari perbedaan paham politik, uang dan kekuasaan.

"Kita pingin NU netral dari itu semua. Karena NU ini didirikan bukan untuk politik bukan untuk kekuasaan, tapi untuk khidmad seluruh umat beragama dan untuk kehidupan yang lebih baik bukan semata-mata untuk meraih kekuasaan dan politik," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA