Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKS Usul Jenderal Andika Perkasa Bekali Prajurit TNI dengan Bahasa Asing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 08 November 2021, 22:43 WIB
PKS Usul Jenderal Andika Perkasa Bekali Prajurit TNI dengan Bahasa Asing
Calon tunggal Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa/RMOL
rmol news logo Pimpinan Komisi I DPR RI Abdul Kharis Al Makhsyari mengusulkan pada calon panglima TNI untuk membekali prajuritnya kemampuan bahasa asing.

Usulan itu disampaikan Abdul Kharis saat di rapat tertutup di Komisi I, Jenderal Andika Perkasa mengulas strategi menangani permasalahan di Papua.

Abdul Kharis mengatakan, akan menarik jika seluruh prajurit dibekali kemampuan bahasa asing. Dengan demikian, para prajurit bisa terdistribusi di beberapa tempat yang membutuhkan prajurit yang ahli bahasa asing.

Ia mencontohkan, pertemuan Asosiasi Kepala Staf Angkatan Darat se -Asia Pasifik yang baru digelar di Miami.

Kata Haris, dengan tentara yang bisa dipekerjakan di kantor seperti itu, maka para pengambil keputusan di TNI mendapatkan informasi yang seimbang.  

"Tentara ini dibekali dengan kemampuan bahasa yang bagus, sehingga para pengambil keputusan, itu mendapatkan informasi yang seimbang dan memperkecil bias informasi," demikian kata Kharis dalam diskusi 4 Pilar MPR RI yang bertajuk “Panglima TNI Baru dan Tantangan Ketahanan NKRI” di Media Center DPR, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (8/11).

Kharis menyadari bahwa membangun kemampuan bahasa pada prajuritnya tidak bisa dalam waktu yang singkat.

Jenderal Andika, tambah Kharis harus memikirkan bagaimana format yang tepat untuk para prajuritnya.

Dia mencontohkan seorang tentara yang memiliki pangkat Letnan Satu harus disiapkan seluruh kemampuannya, dan harus berjenjang, dan harus dipikirkan oleh calon panglima TNI yang baru.

“Jadi yang dikedepankan adalah pendekatan diplomasi  karena sesungguhnya akan segala yang terjadi itu berdasarkan atas keputusan para pengambil keputusan," terang Kharis.

Politisi PKS ini meyakini, dengan kemampuan bahasa prajurit yang bagus akan memberikan persepsi baik bagi institusi TNI.

"Kemarin secara meyakinkan Jenderal Andika mengatakan akan melakukan itu, melakukan diplomasi militer,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA