Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Azyumardi Azra: Sejak Reformasi, Golkar jadi Partai Modern yang Tidak Kenal Dinasti dan Oligarki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 16 Oktober 2021, 15:05 WIB
Azyumardi Azra: Sejak Reformasi, Golkar jadi Partai Modern yang Tidak Kenal Dinasti dan Oligarki
Azyumardi Azra/Net
rmol news logo Partai Golkar menjadi satu-satunya partai politik modern hari ini. Setidaknya, jika ditelisik serak era reformasi 1998.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu dikatakan Cendikiawan Musli Azyumardi Azra dalam webinar bertajuk "Dua Dasawarsa Kemenangan Golkar 2004-2024", Sabtu pagi (16/10).

"Partai Golkar sejak masa reformasi dan demokratisai masih tetap merupakan partai modern, satu satunya mungkin partai modern," kata Azyumardi.

Parameternya, kata Azyumardi Azra, eksistensi Partai Golkar diisi oleh banyak teknokrat dan kader dengan sistem merit atau berbasis kemampuan. Artinya, politik di Golkar tidak ada dinasti ataupun oligarki.

"Dinastik itu artinya dikuasai oleh anak cucu dan oligarkis itu dikuasai oleh elite politik yang terbatas. Kalau Golkar enggak, kita melihat siapa saja sebetulnya bisa menjadi pemimpin di Golkar, bisa mengalami mobilitas politik di Golkar," terangnya.

Bagi Azyumardi, catatan tersebut menjadi nilai tambah bagi Partai Golkar dalam menggaet suara anak-anak muda yang kritis terhadap keberadaan politik dinasti dan oligarki.

"Satu keunggulan yang saya kira bisa dijual dipasarkan oleh Golkar dalam masa-masa sekarang ini, terutama kepada generasi milenial bahwa Golkar ini adalah partai merit bukan partai dinastik," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA