Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

NCB Interpol Indonesia Jelaskan Tak Publikasi Red Notice Harun Masiku

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 10 Agustus 2021, 14:28 WIB
NCB Interpol Indonesia Jelaskan Tak Publikasi Red Notice Harun Masiku
Sekretaris NCB Interpol Indonesia Brigjen Amur Chandra/Net
rmol news logo Teka teki mengapa red notice Harun Masiku tidak bisa dilihat dalam website Interpol akhirnya terjawab. Sekretaris NCB Interpol Indonesia Brigjen Amur Chandra menjelaskan secara detail dan lengkap mengapa red notice Harun Masiku tidak dipublikasi untuk umum.

"Apabila dipublish, Interpol (pusat di) Lyon akan bertanya, kenapa ini minta dipublish, apakah DPO ini berperkara besar dan perlu penanganan segera? banyak yang nanti tek toknya, sedangkan kita inginkan percepatan," kata Brigjen Amur Chandra kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa siang (10/8).

Kemudian alasan lain ialah, NCB Interpol dan penyidik KPK ingin kerahasiaan dalam perburuan Harun Masiku ini. Jika dipublikasi untuk umum, kata Amur, dikhawatirkan juga disalahgunakan oleh masyarakat untuk keperluan yang tidak dibenarkan, misalnya dibuat konten atau meme dan lain sebagainya di media sosial.  

Brigjen Amur memastikan, meskipun tidak dipublish, red notice Harun Masiku telah masuk ke dalam sistem i-247 (sistem interpol) yang terintegrasi kepada 194 negara anggota Interpol. Setelah red notice dikeluarkan, maka nama Harun Masiku sudah berada di semua pintu masuk perlintasan orang di semua negara yang tergabung di dalam Interpol.

"Jadi sebenarnya tidak dipublish itu tidak masalah, karena yang kita inginkan adalah data red notice itu sudah tersebar ke semua pintu masuk perlintasan di semua negara anggota Interpol," pungkas Brigjen Amur Chandra.rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA