Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kakorlantas: Tunda Mudik, Covid-19 Adalah Masalah Kita Semua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 22 April 2021, 22:32 WIB
Kakorlantas: Tunda Mudik, Covid-19 Adalah Masalah Kita Semua
Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono/Ist
rmol news logo Selain fokus di wilayah Pulau Jawa, Korlantas Polri juga memastikan penyekatan pemudik juga dilakukan dengan maksimal di Sumatera.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono mengecek kesiapan titik-titik penyekatan untuk menghalau pemudik di jalur Sumatera. Istiono menegaskan tidak ada celah bagi pemudik lolos dari penyekatan.

“Kita melihat kesiapsiagaan anggota kita dalam rangka mudik ini di pos yang telah digelar antara lain di jalan tol, arteri sudah disiapkan semua dari Banten, Lampung maupun Palembang," kata Irjen Istiono di Tol Kramasan, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (22/4).

"Kesiapsiagaan sudah optimal, tinggal pelaksanaannya. Semuanya saya kira tidak ada celah untuk lolos dari penyekatan,” imbuhnya.

Dikatakan Istiono, saat mengecek di pelabuhan Bakauheni, Lampung, dia mendapatkan penjelasan dari jajaran Ditlantas Polda Lampung.

Istiono menekankan pentingnya pendekatan humanis dalam mengelola peniadaan mudik.

“Yang terpenting kita mengelola keseimbangan antara penyebaran Covid-19, supaya tidak ada kerumunan yang signifikan seperti apa, ini dinamis, jadi gunakan persuasif dan humanis dikedepankan,” ujarnya.

Selain itu, Istiono meminta adanya gelaran swab antigen random di tiap wilayah. Hal ini guna mengakomodir masyarakat agar diperiksa kesehatannya.

“Tentunya wilayah juga mengikuti dinamika itu, karena juga kalau di wilayah Palembang ini di internal mungkin diatur oleh provinsi sendiri. Untuk prokes harus tetap dijaga, ada PPKM wilayah, wilayah-wilayah itu menentukan karantina dan sebagainya,” jelasnya.

Istiono juga mengimbau masyarakat untuk tetap tidak melakukan mudik baik sebelum, saat peniadaan mudik, atau sesudahnya.

Jenderal bintang dua ini mengingatkan bahwa kebijakan peniadaan mudik untuk menekan penyebaran Covid-19 yang masih ada.

“Supaya masyarakat betul-betul menyadari ya. Masyarakat sudah mendapat pengalaman satu tahun ini, ya saya pikir maayarakat sudah mengerti apa yang terjadi sekarang ini, bahwa Covid-19 menjadi masalah kita semuanya," pungkasnya.

Dalam survey titik-titik penyekatan di jalur Sumatera, Kakorlantas didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan, Dirut PT Jasa Raharja Budi Raharjo beserta jajarannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA