Kepolisian Negara Republik Indonesia
HEAD POLRI

Inovasi Korlantas Polri Layani Masyarakat Berbuah Penghargaan Presisi Award

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dan piagam Presisi Award/Ist

Korlantas Polri mendapatkan penghargaan Presisi Award dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) atas inovasi yang terus dilakukan dalam melayani masyarakat.

Inovasi pada Korlantas Polri semakin massif sejak Presiden Joko Widodo melantik Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Inovasi tersebut antara lain penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan perpanjangan SIM online yang pekan lalu diluncurkan secara nasional oleh Kapolri.

"Kami datang menyampaikan terima kasih kepada Kapolri, Kakorlantas Polri dan seluruh jajarannya atas dedikasi dan loyalitasnya dalam meningkatkan pelayanan publik semakin baik dan semakin transparans di tengah masyarakat," ungkap Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan seusai menyerahkan penghargaan Presisi Award kepada Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, Senin (19/4).

Dikatakan Edi, begitu ETLE diluncurkan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum Polri di jalan raya berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Lemkapi, jumlahnya mencapai 87,1 persen.

"Sungguh angka yang sangat baik dalam sejarah Polri," katanya.

Mantan anggota Kompolnas ini menilai, kehadiran ETLE dan pelayanan SIM online secara nasional adalah terobosan baru Polri dalam meningkatkan pelayanan yang transparans dalam mendukung program Kapolri menuju Polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

Menurutnya, melalui inovasi ETLE saat diluncurkan banyak diapresiasi karena penegakan hukum ETLE ini sangat transparans karena menggunakan teknologi. Tilang elektronik ini juga bakal menghilangkan adanya penyimpangan dan penyalahgunaan kewenangan oknum yang kerap dikeluhkan masyarakat di jalan raya.

Selain itu, pelayanan perpanjangan SIM online secara nasional yang dirintis Korlantas Polri juga banyak memudahkan masyarakat.

"Kami melihat, inovasi pelayanan perpanjangan SIM online ini banyak dipuji masyarakat. Selain tidak perlu jauh datang mengurus SIM, biayanya juga sangat murah," pungkasnya.

Artikel Lainnya

Kepolisian Negara Republik Indonesia