Kelirumologi Kesepakatan Arti Kata

Budayawan, Jaya Suprana/Net

SAYA berarti saya dan anda berarti anda akibat saya dan anda sudah menjalin kesepakatan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar bahwa saya berarti saya dan anda berarti anda.

Apabila saya dan anda sepakat bahwa saya berarti anda dan anda berarti saya, maka kita berdua paham bahwa saya berarti anda dan anda berarti saya.

Pada jaman yang dikuasai mbah Google, kita bisa mempengaruhi bahkan memaksakan arti kata yang keliru menjadi benar mau pun yang benar menjadi keliru. Tergantung pada apa yang disepakati oleh pengguna bahasa.

Pengkaprahan


Bahkan sebelum mbah Google dilahirkan, sebenarnya istilah apa pun apabila terus menerus gigih digunakan oleh publik akhirnya oleh publik dianggap sebagai yang benar meskipun absurd sekaligus paradoks seperti ulang-tahun dan salah-satu.

Graha dalam bahasa Sansekerta bermakna buaya, namun akibat kaprah digunakan penguasa Orba sebagai nama gedung Bina Graha sebagai kantor Presiden Soeharto maka istilah Graha keliru dianggap sebagai bukan buaya. Meski bisa juga dimaknakan (jika berani) sebagai buaya politik.

Di Indonesia istilah konsumerisme terus menerus digunakan secara keliru, sehingga semula masuk Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam makna perilaku konsumtif berlebihan.

Mujur ensiklopedia Britannica tetap bertahan pada makna yang benar yaitu consumer advocacy alias gerakan membela kepentingan konsumen. Sayang kemudian Britannica terjebak istilah anticonsumerism, sehingga mengkhianati makna consumer advocacy itu sendiri.

Ketika saya berusaha mengoreksi konsumerisme yang keliru dimaknakan sebagai konsumtif berlebihan, langsung saya dihujat oleh mereka yang terlanjur kaprah yakin makna konsumerisme adalah perilaku konsumtif berlebihan.

Apalagi KBBI sudah terlanjur membenarkan aliran makna konsumerisme yang keliru. Namun de facto KBBI akhirnya bersikap mendua dalam memaknakan konsumerisme dalam dua makna.

Makna yang satu yang keliru dan makna yang lain yang benar sambil menyebut nama saya sebagai kontributor makna yang benar agar saya bertanggung-jawab jika ada yang protes terhadap makna yang benar. Di dalam proses pemaknaan kata memang bukan yang benar yang menang tetapi yang menang yang benar.

Kelirumologi


Pada hakikatnya kasus ulang-tahun, salah-satu, graha, konsumerisme, canggih, seronok dll secara kelirumologis membuktikan bahwa keliru-benarnya kata sekadar berdasar kesepakatan belaka.

Nasionalisme tercemar Nazi Jerman. Partai Komunis paling berkuasa di China padahal lebih layak disebut sebagai Partai Kapitalis.

Istilah radikal yang digunakan oleh kaum penjajah sebagai alasan memenjarakan dan membuang para pejuang kemerdekaan Indonesia seperti Bung Karno dan Bung Hatta, kini kaprah digunakan untuk memenjarakan sesama warga Indonesia yang tidak setuju kebijakan pemerintah setelah lebih dari 70 tahun Indonesia merdeka.

Silit di Jerman adalah nama merek peralatan dapur termewah maka termahal, agak beda dengan makna kata yang sama di Indonesia.

Kelirumologi sering keliru ditafsirkan sebagai ilmu membuat kekeliruan padahal paham mempelajari kekeliruan demi mencari kebenaran.

Momok dalam bahasa Jawa berarti hantu. Seronok bermakna positif di Malaysia, namun negatif di Indonesia.

Saya dituduh pornografis ketika sebagai pembicara suatu seminar di Bandung di hadapan masyarakat berbahasa Sunda saya lancang munafik sok mengaku diri tidak percaya momok, meski sebenarnya takut momok.

Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Prihatin Derita Para Sahabat
Jaya Suprana

Prihatin Derita Para Sahabat

06 Maret 2021 10:25
Legowo Menerima Kritik
Jaya Suprana

Legowo Menerima Kritik

05 Maret 2021 10:52
Memohon Kemanusiaan Untuk Masyarakat Adat
Jaya Suprana

Memohon Kemanusiaan Untuk Ma..

03 Maret 2021 16:44
Teka Teki Masa Corona
Jaya Suprana

Teka Teki Masa Corona

28 Februari 2021 23:16
Ujian Pertama Presisi, Polri Harus Hukum Berat Oknum Penjual Senjata Ke KKB Papua
Jaya Suprana

Ujian Pertama Presisi, Polri..

27 Februari 2021 03:21
Belajar Mikul Duwur Mendhem Jero
Jaya Suprana

Belajar Mikul Duwur Mendhem ..

26 Februari 2021 11:18
Asyik Beternak Lalat Serdadu Hitam
Jaya Suprana

Asyik Beternak Lalat Serdadu..

25 Februari 2021 09:34
Perjalanan Panjang Theorem Fermat
Jaya Suprana

Perjalanan Panjang Theorem F..

24 Februari 2021 10:47