Delapan Warisan Kebudayaan Dunia Di Ravenna

Ilustrasi/Net

MOSAIK menampilkan sosok Kaisar Justinian dan para pendampingnya  merupakan satu di antara mosaik peradaban Bisantium yang paling tersohor.

Semula saya duga mosaik indah itu berada di Istanbul yang semula disebut Konstatinopel sebagai ibukota Romawi Timur. Ternyata saya keliru, sebab mahakarya seni-mosaik itu berada di sebuah kota kecil di selatan Venezia bernama Ravenna. Tepatnya berada di dalam Basilika Santo Vitale.

Santo Vitale adalah santo pelindung kota Ravenna. Basilika Santo Vitale di Ravenna dibangun pada abad VI dan dianggap sebagai warisan mahakarya arsitektur Bisantium yang masih bertahan dalam kondisi paling utuh sampai masa kini.

UNESCO

Dinding dan langit-langit bagian dalam Basilia Santo Vitale berdekor warna-warni dengan mosaik ikonografi Nasrani dipetik dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, sementara bagian eksterior berbentuk oktagonal dengan baham marmer dan atap terakota.

Di masa kini Basilika Santa Vitalis berperan sebagai satu di antara delapan situs bersejarah dari jaman Bisantium di Ravenna yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia yang berada di Ravenna di samping Kapela Archbishop, Arian Baptistria, Basilika Santo Apollinare Nuovo, Mausoleum Galla Placidia, Mausoleum Theodorik, Neon Baptistria dan Basilika Santo Apollinare in Classe.

Dante

Dante menyebut nama Ravenna di dalam mahakarya Divina Comedia: Canto V pada Inferno. Kemudian Dante dimakamkan di Basilika San Fransesco di Ravenna yang sempat diprotes oleh para warga kota kelahiran Dante yaitu Florence.

Nostradamus menyebut Ravenna tiga kali di dalam ramalam prahara kanal Magnavacca, pertempuran Perugia, bencana Lisabon dan kelahiran Antichrist terakhir yang memperbudak Slovenia. Thomas Middleton menggunakan Ravenna sebagai latar belakang kisah The Witch.

Lord Byron tinggal tiga tahun di Ravenna untuk menikahi Teresa Guiccioli sambil menulis The Ravenna Diary sementara Oscar Wilde menulis puisi berjudul Ravenna sama halnya dengan Herman Hesse yang bahkan menulis serial syair berjudul Ravenna I dan Ravenna II. Kota imajiner JRR Tolkien bernama Minas Tirith terinspirasi oleh Ravenna.
 
Romawi Timur

Pada abad V s/d VI Ravenna merupakan kota peradaban terpenting di Eropa sebagai Ibukota Kekaisaran Romawi Timur mengungguli Roma, Jerusalem, Venezia apalagi Paris dan London masih merupakan dusun tak berarti bagi peradaban Barat.

Jauh sebelum New York didirikan di kawasan timur Amerika Serikat oleh para pendatang dari Eropa yang menggusur kaum pribumi Amerika, Ravenna sudah berperan sebagai pusat peradaban, kebudayaan serta ilmu pengetahuan peradaban Eropa yang terus berlanjut berkembang sampai masa kini.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Prihatin Derita Para Sahabat
Jaya Suprana

Prihatin Derita Para Sahabat

06 Maret 2021 10:25
Legowo Menerima Kritik
Jaya Suprana

Legowo Menerima Kritik

05 Maret 2021 10:52
Memohon Kemanusiaan Untuk Masyarakat Adat
Jaya Suprana

Memohon Kemanusiaan Untuk Ma..

03 Maret 2021 16:44
Teka Teki Masa Corona
Jaya Suprana

Teka Teki Masa Corona

28 Februari 2021 23:16
Ujian Pertama Presisi, Polri Harus Hukum Berat Oknum Penjual Senjata Ke KKB Papua
Jaya Suprana

Ujian Pertama Presisi, Polri..

27 Februari 2021 03:21
Belajar Mikul Duwur Mendhem Jero
Jaya Suprana

Belajar Mikul Duwur Mendhem ..

26 Februari 2021 11:18
Asyik Beternak Lalat Serdadu Hitam
Jaya Suprana

Asyik Beternak Lalat Serdadu..

25 Februari 2021 09:34
Perjalanan Panjang Theorem Fermat
Jaya Suprana

Perjalanan Panjang Theorem F..

24 Februari 2021 10:47