Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hanya Fokus Dunia Usaha, Pemerintah Tidak Bahas Soal Pemulihan Ekonomi Sektor Pertanian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 12 Januari 2021, 04:10 WIB
Hanya Fokus Dunia Usaha, Pemerintah Tidak Bahas Soal Pemulihan Ekonomi Sektor Pertanian
Pengamat ekonomi dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Salamudin Daeng/Net
rmol news logo Sektor pertanian dan pangan menjadi salah satu sektor yang kurang diperhatikan pemerintah selama penanganan pandemi Covid-19.

Pengamat ekonomi dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Salamudin Daeng mengatakan, asumsi tersebut menjadi benar jika melihat pos anggaran penanganan pandemi yang disiapkan pemerintah.

"Coba perhatikan bagaimana anggaran penanganan Covid-19 sama sekali tidak membicarakan pertanian dan pangan," ujar Salamudin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (11/1).

Hal tersebut, kata Salamudin, berbanding terbalik dengan dunia usaha baik BUMN ataupun swasta yang mendapatkan dana talangan untuk menyelamatkan usahanya.

"Pemerintah hanya membicarakan dana talangan kepada BUMN, swasta, bank dan non bank. Mereka dibantu besar besaran karena terdampak Covid-19," terangnya.

"Tapi pemerintah sama sekali tidak bicara dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi petani," sesalnya.

Padahal, lanjutnya, pertanian dan pangan juga menjadi sektor penting yang menjadi kebutuhan utama dari masyarakat selama pandemi.

"Dalam masa Covid-19 seharusnya konsen utama pemerintah adalah masalah pertamian dan pangan. Ini bagian yang paling berbahaya dalam geopolitik nasional dan internasional," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA