Kepolisian Negara Republik Indonesia
HEAD POLRI

Majukan UKM Lokal, Kapolda Kalsel Perintahkan Jajaran Pakai Batik Sasirangan

Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta saat ke Kampung Sasirangan Kelurahan Sei Jingah Kota Banjarmasin/Ist

Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta melakukan kunjungan ke Kampung Sasirangan Kelurahan Sei Jingah Kota Banjarmasin. Kedatangannya untuk melihat Usaha Kecil Menengah (UKM) Kampung Sasirangan dalam rangka pencanangan penggunaan pakaian Sasirangan bagi ASN Polri dan Polisi berseragam bebas. Sasirangan merupakan batik khas Kalimantan Selatan.

“Selaku Kapolda Kalsel, saya mendukung budaya lokal batik kain Sasirangan dengan cara menginstruksikan seluruh anggota khususnya personil Reserse dan Intel dari tingkat Polda, Polres/Ta, Polsek hingga Bhabinkamtibmas wajib setiap hari Jumat menggunakan Batik Sasirangan,” kata Irjen Nico Afinta dalam keteranganya, Jumat (16/10).

Dengan anggota menggunakan Batik Sasirangan, lanjut Kapolda, pastinya istri, anak dan keluarganya pun tentu akan menggunakan Batik Sasirangan. Dalam budaya lokal ini banyak makna yang tersirat dalam setiap motif atau pola yang ada di Batik Sasirangan, seperti pola kehidupan dalam tanaman, sehingga kita sebagai manusia juga bisa memberikan kegunaan kepada orang lain.

Kapolda Kalsel menambahkan, setiap ada kunjungan ke daerah di Kalimantan Selatan khususnya di Kota Banjarmasin pastinya warga akan diarahkan ke Kampung Sasirangan yang berada di Kelurahan Sei Jingah guna membudayakan, mengharumkan dan melestarikan budaya lokal Kalimantan Selatan ini.

“Saya kira dengan kita bersama-sama antara Pemerintah Daerah, Polri dan TNI dalam memperhatikan budaya dan UKM tentunya ekonomi daerah akan meningkat dan berjalan dengan baik khususnya di situasi Pandemi Covid-19 saat ini,” tuturnya.

Selain itu kehadiran Kapolda Kalsel di Kampung Sasirangan ini juga untuk mendorong para Kapolsek dan Kapolres/Ta di Jajaran Polda Kalsel untuk perhatian kepada budaya lokal serta meningkatkan kegiatan ekonomi lokal sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian secara keseluruhan.

Tidak hanya Kain Batik Sasirangan saja yang dilihat Kapolda Kalsel, nanti kedepannya orang nomor satu di Polda Kalsel ini juga akan melihat industri makanan kecil seperti ikan yang diawetkan, madu yang dapat memperkuat tubuh dalam menghadapi wabah Virus Covid-19

EDITOR: IDHAM ANHARI

Artikel Lainnya

Polda Bali Bentuk Tim Khusus Usut Selebaran Ajakan Demo Rusuh Dan Penjarahan

Polda Bali Bentuk Tim Khusus U..

Kamis, 22 Oktober 2020
Ada Demo Buruh Siang Ini Di Istana, Berikut Jalan Yang Ditutup

Ada Demo Buruh Siang Ini Di Is..

Kamis, 22 Oktober 2020
Mahasiswa Dan Buruh Bakal Kembali Demo, 8 Ribu Personel Gabungan Disiagakan Di Patung Kuda

Mahasiswa Dan Buruh Bakal Kemb..

Kamis, 22 Oktober 2020
Kejiwaan Brigjen EP Yang LGBT Dibina Kembali

Kejiwaan Brigjen EP Yang LGBT ..

Kamis, 22 Oktober 2020
Kapolda Kalsel Ajak Pelaku UMKM Kotabaru Bangkit Di Tengah Pandemi Covid-19

Kapolda Kalsel Ajak Pelaku UMK..

Kamis, 22 Oktober 2020
Kapolda Banten Ikut Musnahkan Ganja Seberat 301 Kilogram Di Kantor BNNP

Kapolda Banten Ikut Musnahkan ..

Rabu, 21 Oktober 2020
Jumat Gelar Perkara Internal, Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kebakaran Kejagung

Jumat Gelar Perkara Internal, ..

Rabu, 21 Oktober 2020
Kapolres Probolinggo Ajak Santri Jihad Lawan Covid-19

Kapolres Probolinggo Ajak Sant..

Rabu, 21 Oktober 2020
Kepolisian Negara Republik Indonesia