Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tito Karnavian: Tugas Kapolri Paling Kompleks Di Antara Kepala Polisi Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 06 November 2019, 11:49 WIB
Tito Karnavian: Tugas Kapolri Paling Kompleks Di Antara Kepala Polisi Dunia
Tito Karnavian dan Idham Azis/Net
rmol news logo Pekerjaan yang dibebankan kepada seorang kepala Kepolisian Republik Indonesia (kapolri) tidak mudah. Sebab, Indonesia merupakan negara yang heterogen dengan bentangan wilayah seluas tiga zona waktu dan memiliki luas kepulauan terbesar.

Selain itu, Indonesia merupakan negara berpenduduk terbesar keempat di dunia.

Begitu pesan mantan Kapolri Jenderal (Purn) Tito Karnavian saat memberi sambutan usai penyerahan pataka Korps Bhayangkara kepada Kapolri Jenderal Idham Azis di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/11).

“Jadi tidak berlebihan jika dikatakan tugas kapolri yang paling kompleks sebagai kepala kepolisian di seluruh dunia,” kata Tito.

Dia lantas membandingkan dengan kepolisian di China. Secara jumlah personel, Polri kalah banyak dari kepolisian negeri Tirai Bambu. Tapi di satu sisi, sambung Tito, sistem politik di China tertutup. Hanya satu partai politik, sehingga cenderung mudah dikendalikan.

Sementara Polri memilki tugas yang cukup berat. Sebab, sistem politik di Indonesia terbuka. Selain itu, juga masih banyak masyarakat kelas menengah ke bawah, sehingga berpotensi membuka peluang konflik horizontal maupun vertikal.

“Maka menjaga stabilitas negara sebesar ini tidak mudah,” ujarnya.

Tito juga mengingatkan bahwa tantangan Polri mendatang juga berat. Sebab ada gelaran Pilkada Serentak 2020 yang diikuti 270 daerah.

Kendati begitu, dia yakin Idham Azis yang memiliki cukup bekal pengalaman tugas-tugas operasi di wilayah yang ditunjang dengan kemampuan akademik mampu mengemban tugas sebagai Kapolri.

“Insyaallah, Idham Azis dapat melaksanakan tugas-tugas tersebut,” demikian Tito. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA