Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kalbar Yakin Dana Desa Mampu Ciptakan 60 Desa Mandiri

Bangun Kerjasama TNI-Polri

Rabu, 15 Mei 2019, 03:54 WIB
Kalbar Yakin Dana Desa Mampu Ciptakan 60 Desa Mandiri
Ilustrasi/Net
rmol news logo Gubernur Kalbar Sutarmidji menilai perlu sinkronisasi antara program dana desa dengan program peningkatan kesehatan di desa.

Seperti diketahui Kalimantan Barat memiliki 2.031 desa dan baru satu desa mandiri dan itu terletak di Kabupaten Kayong Utara.

Sisanya masih terdapat desa tertinggal sebanyak 1.6000 desa. Ini menjadi pekerjaan pemerintah provinsi menyelesaikannya.

Midji menilai kucuran dana desa Rp1,5 miliar untuk masing-masing desa belum dapat menyelesaikan permasalah desa dalam waktu yang singkat.

“Jika kepala daerah menganggap bisa menyelesaikan semua masalah maka butuh waktu 50 tahun baru benar-benar selesai,” ujarnya.

Midji menilai perlu ada pembagian tugas guna mengejar desa mandiri. Indikator desa mandiri itu 52. Jadi dibagi penyelesaian indikatornya. 15 indikator diselesaikan desa, 15 indikator diselesaikan pemerintah kabupaten, kemudian 22 indikator diselesaikan pemerintah provinsi.

"Saya yakin dengan pembagian tugas itu maka target terbangunya 60 desa mandiri dalam satu tahun terealisasi. Bahkan jika selama kepemimpinan saya bisa terbangun 400 desa mandiri,” ujarnya.

Ia menjelaskan saat ini Pemrov Kalbar pun membangun komitmen yang sama bersama TNI-Polri. Harapannya singkronisasi itu karena bidang kesehatan dan pendidikan menjadi prioritas di Kalbar.

"Program dana desa di Kalbar harus menjadi salah satu prioritas dalam program desa mandiri sehingga terjadi keterikatan dengan seluruh stakeholder diseluruh desa yang ada," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA