Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Tunisia: Faktanya, Persaingan Dagang Mempengaruhi Seluruh Dunia

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/teguh-santosa-5'>TEGUH SANTOSA</a>
OLEH: TEGUH SANTOSA
  • Selasa, 02 April 2019, 21:16 WIB
Dubes Tunisia: Faktanya, Persaingan Dagang Mempengaruhi Seluruh Dunia
Dubes Tunisia menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo/Ist
GELOMBANG demonstrasi di Tunisia semakin menjadi oleh sebuah peristiwa di Sidi Bouzid, sekitar 300 kilometer sebelah selatan Tunis, pada 17 Desember 2010. Seorang penjual buah, Mohamed Bouazizi (26), membakar diri di depan kantor polisi sebagai tanda protes atas tindakan aparat menyita gerobak buahnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bouazizi sempat dilarikan ke sebuah rumah sakit di dekat Tunis untuk mendapatkan perawatan intensif. Presiden Zine El Abidin Ben Ali menjenguk Bouzizi pada 28 Desember. Namun karena luka yang begitu parah, Bouazizi meninggal dunia pada 4 Januari 2011.

Demonstrasi menentang pemerintahan Ben Ali sudah terjadi sejak akhir November 2010, tak lama setelah WikiLeaks dan lima media berpengaruh di dunia menurunkan berita tentang dokumen yang memperlihatkan korupsi di sejumlah negara, termasuk di Tunisia.

Gelombang demonstrasi semakin besar setelah Bouazizi nekat membakar diri, dan semakin tidak terkendali setelah Bouazizi meninggal dunia.

Memasuki Januari 2011, Ben Ali berusaha memperbaiki keadaan. Berbagai janji baru ia produksi. Namun, kemarah rakyat sudah benar-benar berada di titik tertinggi. Tanggal 14 Januari 2011, Ben Ali mengumumkan pembubaran pemerintahannya, dan melarikan diri ke luar negeri.

Berikut petikan wawancara dengan Dutebesar Republik Tunisia, Y.M. Riadh Dridi:


Salah satu peristiwa paling menarik di dunia saat ini adalah apa yang terjadi di Tunisia pada 14 Januari 2011? Bisakah kita menyebutnya revolusi?

Ya, kita bisa menyebutnya revolusi. Bahkan kami menyebutnya Revolusi Kebebasan dan Martabat. Pertama-tama saya beri tahu Anda bahwa revolusi itu spontan dan tanpa pemimpin. Orang-orang muda mencari dan meminta kondisi kehidupan yang lebih baik. Mereka juga menuntut martabat yang berarti pekerjaan.

Kami percaya bahwa revolusi yang dimulai dari dalam akan berhasil. Setelah 2011, kami mengalami banyak reformasi. Kami menggelar pemilihan pertama pada tahun 2011 untuk memilih Majelis Konstitusi. Salah satu tugasnya adalah untuk menyusun Konstitusi yang menjamin kebebasan dan hak rakyat Tunisia untuk berpartisipasi dalam kehidupan politik dan berkontribusi dalam meningkatkan sistem politik.

Pada 2014 kami mengadopsi Konstitusi yang modern dan maju dan menjamin kebebasan, kesetaraan gender dan membangun sistem politik baru seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Pada tahun yang sama kami mengadakan pemilihan presiden dan anggota lembaga legislatif yang merupakan langkah penting untuk meningkatkan prestasi demokrasi negara kami.

Kami juga berhasil membangun banyak lembaga politik, termasuk Mahkamah Konstitusi dan lainnya, yang merupakan alat yang sangat penting dalam demokrasi yang dinamis berdasarkan akuntabilitas dan supremasi hukum.

Meskipun Tunisia masih menghadapi tantangan yang besar di sektor ekonomi, namun ada pemulihan ekonomi nasional yang stabil. Tahun lalu, tingkat pertumbuhan ekonomi melebihi 2,5 persen dan kami menerima lebih dari 8 juta wisatawan, yang dianggap jumlah yang signifikan dibandingkan dengan populasi kami, yang hanya sekitar 12 juta orang.

Singkatnya, situasi di Tunisia berkembang dan kita akan berada di jalan yang benar untuk konsolidasi demokrasi, pembangunan ekonomi, dan pemenuhan aspirasi rakyat.


Banyak akademisi menyebut revolusi di Tunisia sebagai pemicu yang memulai revolusi di negara dan wilayah lain...

Seperti yang telah saya sebutkan revolusi Tunisia pada dasarnya dan sepenuhnya merupakan gerakan internal. Tetapi bukan berarti situasi umum di wilayah tersebut pada saat itu kurang lebih sama. Orang-orang di berbagai negara memiliki aspirasi yang sama; yaitu kebebasan, demokrasi, pekerjaan, dan kondisi kehidupan yang lebih baik. Itulah alasan sebenarnya mengapa negara-negara lain memiliki gerakan dan perubahan politik mereka sendiri.

Revolusi Tunisia sangat spesifik untuk Tunisia sendiri, mungkin karena kami memiliki bahan yang tepat, yaitu orang-orang berpendidikan, orang-orang kelas menengah, masyarakat sipil yang kuat, dan ada perdebatan politik di antara rakyat.

Mungkin Anda juga pernah mendengar bahwa Tunisia telah memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2015 yang diwakili dalam Kuartet Pimpinan Dialog Politik Nasional. Ini adalah sebuah badan masyarakat sipil yang sangat penting yang terdiri dari Serikat Buruh, Asosiasi Pengusaha, Asosiasi Pengacara, dan Organisasi Hak Asasi Manusia Organisasi. Mereka berhasil mendamaikan semua partai politik dan mengatasi kebuntuan politik pada tahun 2014 dan mengarahkan kami untuk mengadopsi konstitusi baru.


Ini berarti apa yang terjadi di Libya, misalnya, memiliki sebab dan akibatnya sendiri...

Iya. Itu karena dinamika internal di negara lain berbeda dan spesifik untuk situasi mereka sendiri. Di Tunisia, dinamika internal berhasil mencapai kompromi antara berbagai partai politik untuk menerima Konstitusi baru di mana semua partai terwakili.

Setiap negara hidup dalam situasi masing-masing, masyarakatnya berbeda dan dinamika internalnya berbeda.


Apakah Anda berpikir bahwa penyebaran revolusi akan berhenti?

Kami berharap bahwa berbagai pihak di negara-negara ini, di Libya, Yaman atau negara lain, mencoba untuk berkompromi. Kami percaya bahwa kita harus melakukan dialog untuk menyelesaikan perbedaan yang ada. Sangat penting untuk memahami bahwa semua komponen di setiap negara harus menyelesaikan kesulitan dan perbedaan mereka hanya melalui dialog.


Saat ini kita menyaksikan persaingan antara dua raksasa, AS dan China. Apakah Tunisia juga terpengaruh oleh kompetisi ini?

Sebenarnya kami memiliki hubungan yang sangat kuat dengan AS dan China. Faktanya, persaingan dagang telah memengaruhi semua negara, tidak hanya Tunisia. Sesungguhnya ia mempengaruhi ekonomi internasional.

Namun demikian, Eropa adalah mitra dagang tradisional kami. Kami memiliki Perjanjian Zona Perdagangan Bebas dengan negara-negara Eropa dan mayoritas investor asing di Tunisia berasal dari Eropa.


Bagaimana dengan investasi China di Tunisia?

Saya pikir ada beberapa proyek China, tetapi tidak terlalu banyak.


Beberapa minggu yang lalu ada rumor yang berkembang di Indonesia tentang poligami di Tunisia. Dikatakan bahwa pemerintah Tunisia sangat mendorong pria Tunisia untuk memiliki lebih dari satu istri. Apakah itu benar?

Faktanya, kami menghapus poligami di tahun pertama kemerdekaan kami. Sampai sekarang di Tunisia, seorang pria tidak memiliki hak untuk menikahi lebih dari satu wanita. Jika seorang pria ingin memiliki istri kedua, ia harus menceraikan yang pertama melalui Pengadilan yang melindungi semua hak hukum istri yang akan diceraikan.

Kami menyatakan apa yang kami sebut “Kode Status Pribadi”, yang memberi wanita hak mereka. Di Tunisia ada persamaan hak antara gender.

Presiden kami baru-baru ini mengajukan undang-undang baru kepada Parlemen, yang menyerukan persamaan hak waris antara laki-laki dan perempuan, yang dianggap sebagai langkah maju dalam mempertahankan dan melindungi hak-hak perempuan.

Jadi, saya bisa mengkonfirmasi bahwa rumor itu palsu dan tipuan. Di Tunisia kami memberikan lebih banyak hak kepada perempuan dan kami tidak akan kembali ke era poligami. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA