Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

INOVASI DESA

Desa Gorua Bisa Bersaing Wisata Pantai Gorango

Selasa, 26 Maret 2019, 20:02 WIB
Desa Gorua Bisa Bersaing Wisata Pantai Gorango
rmol news logo Program Dana Desa yang digagas Presiden Joko Widodo berhasil mendongkrak perekonomian di desa, bahkan dampaknya dirasakan sampai ke daerah perbatasan.

Berkat Dana Desa, banyak daerah yang berhasil mengembangkan potensi di daerahnya. Seperti di Desa Gorua, Morotai Utara, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara yang berhasil menyulap pantai Leledana menjadi salah satu destinasi wisata andalan Maluku Utara.

Kepal Desa Gorua Muhdi Wisata mengatakan, setiap bulannya, dari pengelolaan Pantai Leledana, desa mendapat tambahan pemasukan sebesar Rp 30 juta. Tapi, hal itu tidak membuat puas.

Ia berniat terus mengembangkan Pantai Leledana, dan menjadikannya sumber pemasukan terbesar bagi perekonomian Desa Gorua. Sehingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) makin besar.

Karena itu, Muhdi menjelaskan, terus menambah fasilitas di Pantai Leledana bagi wisatawan. Muhdi mengakui, Pantai Leledana belum memiliki MCK dan hanya menyediakan 5 gazebo dan taman kecil di tepi pantai.

Meski demikian, Pantai tersebut setiap hari dikunjungi sekitar 100 orang. "Sedangkan kalau hari weekend dan hari libur nasional pengunjungnya bisa sampai sekitar 200 orang. Setiap bulannya pemasukan desa bertambah sekitar 30 juta rupiah," jelas Muhdi.

Tahun ini, dengan dukungan Dana Desa, Muhdi dan warga desa akan menambah jumlah gazebo menjadi 20 buah, membangun MCK, membangun taman, dan menambah wisata kuliner dengan membangun tempat makan atau restoran kecil.

"Dana Desa 2019 akan kami fokuskan untuk BUMDes dan pengembangan renovasi wisata Pantai Leledana. Kami yakin bisa bersaing dengan wisata Pantai Gorango. Tahun ini kami targetkan sekitar kenaikan wisatawan dua kali lipat. Pemasukan desa pun akan bertambah 100 juta rupiah," jelas Muhdi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA