Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Membaca Tren Globalisasi (45)

Karakter Khusus Nilai Universal Islam: Strategi Globalisasi Ummat

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/nasaruddin-umar-5'>NASARUDDIN UMAR</a>
OLEH: NASARUDDIN UMAR
  • Rabu, 23 Januari 2019, 08:00 WIB
Karakter Khusus Nilai Universal Islam: Strategi Globalisasi Ummat
Nasaruddin Umar/Net
MENGAPA konsep ummah begitu cepat dan mudah diteri­ma? Mengapa begitu gampang menembus batas geografis dan merasuk di dalam lapis-la­pis budaya masyarakat lokal? Jawabannya karena konsep ummah dibangun di atas asas universal. Konsep ummah Is­lam mempunyai kekuatan ba­tin sehingga membuat sasaran-sasarannya tidak kuasa menolaknya. Bukan hanya gagasannya masuk akal tetapi juga sehati dengan masyarakat. Apabila stelsel ummah bersentuhan suatu negeri maka serta merta negeri itu respek dan merelakan diri tunduk di bawah spirit konsep ummah. Asas uni­versal ummah inilah kemudian melahirkan kebu­dayaan Islam.

Kemudahan penetrasi kebudayaan dan per­adaban Islam disebabkan karena asas perada­ban Islam sangat universal dan seolah tidak menimbulkan ancaman bagi kekuatan-kekua­tan lokal. Penerimaan konsep ummah tidak menimbulkan ancaman terhadap pusat-pusat kerajaan dan pemerintahan setempat. Kalau­pun ada maka itu memang sejalan dengan nilai-nilai luhur lokal mereka. Para penguasa lokal tetap saja bisa melanjutkan kekuasaan dan pengaruhnya tanpa harus terusik dengan kehadiran orang baru. Uang dihadirkan dalam konsep ummah ialah ajaran, bukan orang.

Di antara asa universal ummah ialah: 1) al-ikha, yaitu menjunjung tinggi rasa persaudaraan kema­nusiaan antara para pendatang dan penduduk lokal. Program al-ikha' ini dicontohkan Nabi ketika hijarah ke Madinah. Laki-laki pendatang (muhaji­rin) dikawinkan dengan perempuan pribumi (an­shar). Demikian pula sebaliknya, laki-laki anshar dikawinkan dengan perempuan muhajirin. Akibat­nya pembauran genetik yang dampaknya sangat strategis secara psikologis sangat penting. Gen­erasi penerus kedua kelompok tidak direpotkan lagi dengan isu pribumi dan pendatang, karena terjadi pembauran untuh antara keduanya. 2) Al- Musawa, yaitu prinsip persamaan. Islam mem­perkenalkan asas peradabannya dengan prinsip persamaan (al-musawa). Baik sebagai sesama makhluk biologis, sesama pewaris sejarah perada­ban masa lalu, dan bentuk-bentuk persamaan lain­nya. Islam selalu atau lebih sering mengedepankan prinsip persamaan (principle of identity) ketimbang prinsip perbedaan (principle of negation). Prinsip persamaan ini didasari oleh banyak ayat antara lain Q.S. S. aal-Hujurat/49:13).

3) Al-Tasamuh, yaitu prinsip toleransi. Islam bu­kan hanya mewacanakan toleransi sebagaimana banyak disinggung di dalam Al-Qur'an, antara lain Q.S. al-Kafirun/109:1-6), tetapi juga diprak­tekkan dalam lintasan sejarah umat Islam di ber­bagai Negara, dari dulu sampai sekarang. Tidak kurang dari 15 kali kata Nashara (Kristen) dan 10 kali kata Yahudi disebutkan di dalam Al-Qur’an. Bahkan agama-agama minoritas non Abrahamic Religion seperti Al-Shabi'in. Ini semua menggam­barkan adanya spirit toleransi di dalam perkem­bangan kebudayaan dan peradaban Islam. 4) Al-Musyawarah yang sudah menjadi bahasa In­donesia (musyawarah) yang tidak lain maknanya adalah demokrasi, yaitu memberi kesempatan se­cara terbuka kepada semua pihak mengedepank­an pendapatnya secara merdeka, tanpa harus khawatir sedikit pun kepada siapapun, kerena prinsip demokrasi ini sesuai dengan anjuran Al­lah swt di dalam Q.S. Ali 'Imran/3:159). Allah Swt juga memberi contoh dengan berdialog dengan para malaikat tentang rencana penciptaan am­nesia (Q.S. al-Baqarah/2:30 dst), berdialog den­gan Iblis (Q.S. al-Hijr/15:32), dan manusia (Q.S. al-A’raf/7:172). 5) Al-Mu'awanah, yaitu prinsip tolong menolong atau gotong royong. Prinsip ini didukung banyak seruang di dalam Al-Qur'an dan hadis. Atara lain Q.S. al-Maidah/5:2). Kelima asas ini menjadi faktor mudahnya diterima tawaran peradaban Islam di dalam dunia internasional. 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA