Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ahok Lebih Baik Maju Lewat Partai Dibanding Jalur Perseorangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 15 Juni 2016, 10:37 WIB
Ahok Lebih Baik Maju Lewat Partai Dibanding Jalur Perseorangan
rmol news logo Basuki T. Purnama tidak perlu lagi maju lewat jalur perseorangan pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 mendatang.

Mengingat, dukungan Hanura, Golkar, dan Nasdem sudah cukup mengantarkan Ahok berkontestasi untuk 'mempertahankan' jabatan yang saat ini dia duduki.

"Dengan tiga partai itu, tidak perlu (jalur) perseorangan," ujar pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL pagi ini.

Apalagi, sambung Hendri, maju lewat partai politik lebih aman bila dibandingkan jalur perseorangan, yang harus mengumpulkan KTP dan belakangan juga mesti dilakukan verifikasi faktual.

"Memang, jalur partai jauh lebih aman. Ibarat mobil, parpol banyak air bag-nya, jadi lebih selamat. Dan dia sudah mulai sadar, jalur perseorangan terjal dibanding parpol," ungkap juru bicara Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi).

Dia mengakui akan banyak relawannya yang kecewa. Apalagi, Teman Ahok sudah berjuang mengumpulkan KTP untuk memuluskan langkah Ahok maju di Pilkada lewat jalur non-partai.

"Kalau banyak pendukung kecewa, hal biasa dilakukan Ahok. Pendukungnya juga nggak akan peduli. Karena Teman Ahok (juga) bagian dari strategi Ahok. Dia menempatkan (Teman Ahok) sebagai back up line. Teman Ahok sadar itu," demikian Hendri Satrio.

Kemarin, Ahok sendiri memang menyampaikan bahwa kelompok relawan yang tergabung dalam Teman Ahok mendorong dirinya maju lewat jalur independen karena khawatir tidak didukung parpol.

"Dulu kan kita hanya berpikir, teman-teman Ahok khawatir saya enggak bisa ikut gitu kan. Makanya sekarang saya mau tanya mereka maunya gimana," ujar Ahok saat ditanya soal dukungan Golkar. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA