Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Marwan Gelorakan Semangat Kemandirian Desa Di Sigi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 21 Mei 2016, 22:17 WIB
Menteri Marwan Gelorakan Semangat Kemandirian Desa Di Sigi
rmol news logo Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar membuka pameran potensi desa di Desa Padende, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (21/5). Pameran potensi desa tersebut akan terus digelar secara terus-menerus.

"Pada tahun 2015 kemarin kita sudah selenggarakan pameran potensi desa di beberapa daerah. Sekarang, kita mulai pameran potensi desa dari Sulawesi Tengah dan Kabupaten Sigi sebagai tuan rumah," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Marwan memberikan semangat kepada ratusan kepala desa yang hadir untuk mengembangkan potensi desa dan menjadi Desa Mandiri.

"Bahwa potensi desa adalah sebuah harapan untuk kemandirian desa kita, hari ini adalah hari bersejarah bagi desa Pardende. Karena desa Pardende menjadi tuan rumah pameran potensi desa yang pertama kali diselenggarakan di tahun 2016," ujar Menteri Marwan.

Menteri Marwan menegaskan, Pameran Potensi Desa Se-Provinsi Sulawesi Tengah ini, harus bisa mendorong percepatan pembangunan desa, pencapaian kemandirian, pendapatan desa dan daya saing desa.

"Saya berharap pameran ini dapat memberi manfaat dalam membantu pemerintah daerah dan desa dalam menggali potensi lokal dan mempromosikan produk lokal yang mempunyai daya saing," tandasnya.

Selain itu, pameran potensi desa juga bisa menjadi sarana bertukar informasi bagi desa dengan pemerintah  daerah, masyarakat dan swasta dalam pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, serta sebagai wadah untuk menumbuhkan inovasi dalam pengembangan potensi desa dan usaha ekonomi masyarakat desa.

"Penguatan kapabilitas masyarakat desa dalam penerapan teknologi tepat guna juga penting dalam pengembangan potensi desa," tutupnya.

Jumlah desa se-Sulawesi Tengah berjumlah 1300 desa. Desa di Kabupaten Sigi 176 desa. Pada tahun 2015, Kabupaten Sigi memperoleh Dana Desa kurang lebih 214 Milyar. Hingga saat ini, Kabupaten Sigi kurang lebih telah berhasil membentuk 60 BUMDes untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat lokal.[zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA