Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Dukung Pemerintah, Golkar Diyakini Akan Dapat Kursi Menteri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 18 Mei 2016, 08:27 WIB
Setelah Dukung Pemerintah, Golkar Diyakini Akan Dapat Kursi Menteri
as Hikam
rmol news logo Setelah menyatakan mendukung Pemerintah, Partai Golkar dinilai akan mendapat kursi di Kabinet Kerja.

Tak hanya Golkar, PAN yang sudah lebih dulu menyatakan bergabung dinilai juga akan memperkuat Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Kendati tetap dengan slogan 'koalisi tanpa syarat', tetapi Pemerintahan Jokowi tampaknya juga siap untuk memberikan posisi-posisi strategis kepada parpol-parpol yang semula berasal dari KMP," ungkap pengamat senior AS Hikam (Rabu, 18/5).

"PPP sudah lebih dulu mendapat 'jatah' di Kabinet, dan sangat mungkin PAN dan Golkar juga demikian apabila reshuffle Kabinet Kerja (KK) benar terjadi," sambung mantan politikus PKB tersebut.

Menurutnya, strategi akomodatif yang dijalankan Jokowi memang penting untuk melakukan pengendalian terhadap Parlemen yang rentan dengan keramaian yang berasal dari polarisasi parpol.

Karena Pemerintah masih belum aman jika hanya bersandar pada Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Apalagi jika melihat para politisi PDIP belum semuanya solid, walaupun akhir-akhir ini cenderung semakin 'tertib' juga.
 
"Pemerintahan Jokowi memainkan politik akomodasi parpol oposisi dengan cerdas," tandasnya.

Kemarin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan belum ada pembicaraan mengenai Golkar akan masuk Kabinet Kerja. "Jadi, belum ada pembicaraan mengenai hal tersebut," tegas Pramono. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA