Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gubernur Alex Senang Sumsel Jadi Model Sport Tourism

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 08 April 2016, 17:58 WIB
Gubernur Alex Senang Sumsel Jadi Model <i>Sport Tourism</i>
net
rmol news logo Sebanyak 20 tim dari berbagai daerah dan negara akan mengikuti Internasional Musi Triboatton 2016 akan digelar pada 11-15 Mei 2016 mendatang di Sumatera Selatan. Pelaksanaan sport tourism yang menggabungkan tiga cabang olahraga air, rafting atau arung jeram, kayak, dan traditional boat itu merupakan kali kelima digelar.

"Triboatton tahun 2016 ini adalah kali ke lima. Digelar 11-15 Mei di 4 kabupaten 1 kota, dibagi dalam 5 etape, dengan panjang lintasan 523 kilometer. Dari tahun ke tahun pelaksanaannya semakin berkualitas, semakin bagus dan makin terekspose," ucap Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat peluncuran IMT 2016
di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, tadi malam Kamis (7/4).

"Terima kasih atas kepercayaan Pak Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sumsel menjadi model sport tourism nasional," sambung Alex.

Reputasi Sumsel dalam menggelar even olahraga internasional, memang tidak perlu diragukan lagi. Karena memang itu sudah menjadi komitmen Alex Noerdin yang tahun 2011 lalu sudah mencanangkan Sumsel sebagai pusatnya event olahraga nasional.

Meski begitu, dalam pelaksanaan IMT ini, diakui Alex, yang sering menjadi masalah adalah air sungai Musi. Di musim hujan, airnya berlimpah, bahkan terlalu deras. Sebaliknya di musim kemarau, debit airnya menyusut.

"Celakanya sekarang ini tidak jelas, kapan musim hujan, kapan juga kemaraunya? Musim hujan jarang kena hujan, musim kemarau sering kehujanan?" keluh Alex yang membuat audience terpingkal-pingkal.

Tetapi ada hikmahnya dari problem musim itu, bahwa kawasan hutan yang menjadi water catching area, harus terjaga bagus. Harus tetap lestari, agar fungsinya sebagai penangkap air dari hujan tetap baik. Air tidak lari terlalu cepat ke sungai, sehingga membawa top soil yang berwarna cokelat. Erosi yang berkepanjangan akan merusak struktur humus, dan membuat kesuburan tanah tererosi juga. "Karena itu, baik di hulu maupun di hilir, harus menjaga alam dan lingkungan," ungkap dia.

Tentu, problem itu berbeda dengan Tour de Singkarak, Tour de Bintan, International Tour de Ijen Banyuwangi, Tour de Flores, yang saat ini mengangkat nama Indonesia di olahraga sepeda. Alex menjelaskan hampir setiap bulan di Palembang, Sumsel selalu kedatangan wisman, dari event olahraga, atau sport tourism.

"15 April nanti juga ada Beach Volley se-Asia Pacific. Bulan Mei juga ada Asia Junior Swimming Competition yang diikuti 19 negara. Kami rajin menggelar sport event," jelas Alex.

Sementara soal persiapan teknis International Musi Triboatton 2016, dipastikan sudah readi. "Semua sudah ready. Kami tinggal menunggu hari saja,” tambah Irene Camelyn Sinaga, Kadispar Sumsel yang mendampingi Gubernur Alex Noerdin. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA