Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KTT OKI Diharapkan Lahirkan Keputusan Konkret: Palestina Merdeka Dan Bebaskan Al Quds

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 05 Maret 2016, 08:45 WIB
KTT OKI Diharapkan Lahirkan Keputusan Konkret: Palestina Merdeka Dan Bebaskan Al Quds
jazuli juwaini
rmol news logo Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerjasama Negara-Negara Islam (OKI) akan berlangsung pada Minggu-Senin (6-7 Maret 2016) di Jakarta.

Sebanyak 49 kepala negara dan pemerintahan dijadwalkan akan menghadiri KTT OKI ke-5 tentang Palestina dan Al-Quds Al-Sharif tersebut.

"Fraksi PKS mengucapkan selamat datang kepada tamu-tamu negara," kata Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini,katanya melalui siaran pers (Sabtu, 5/3).

Dia berharap pelaksanaan KTT sebagai bentuk keprihatinan dan upaya mengalihkan fokus perhatian dunia kepada tragedi penjajahan Isreal di Palestina dan Al-Quds Al-Syarif (Kota Suci Yerussalem) itu menghasilkan resolusi dan deklarasi yang tegas, kongkrit, dan terukur.

"Hasil KTT harus bisa ditindaklanjuti untuk betul-betul dapat berujung pada pengakuan terhadap Palestina sebagai negara merdeka yang berdaulat dan Masjid Al-Aqsha benar-benar dapat sepenuhnya bebas dari penjajahan Israel," harap Jazuli.

Selain itu, lanjut Jazuli, semoga KTT dengan kepeloporan Indonesia juga bisa menyatukan berbagai kelompok Pejuang Palestina khususnya antara Fatah dan Hamas. Agar berbagai bantuan untuk Palestina, tak hanya untuk Tepi Barat/Ramallah saja, tapi juga Gaza. Sehingga KTT ini juga berjuang untuk mengakhiri isolasi terhadap Gaza.

Menurutnya, pemilihan lokasi pelaksanaan KTT OKI ini ini tidak bisa dilepaskan dari peran diplomasi dan posisi strategis Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

Indonesia punya spirit memerdekakan bangsa-bangsa terjajah, dan hal itu jelas termuat di dalam Pembukaan UUD 1945, sehingga sampai kapanpun seluruh rakyat Indonesia akan tampil terdepan dalam mendukung kemerdekaan Palestina. "Dukungan ini juga tegas dikatakan Presiden Jokowi dalam beberapa kesempatan," tegasnya.

Terakhir kepada berbagai pihak di Indonesia, Jazuli menghimbau agar tidak mengganggu KTT, lebih dari itu diharapkan bisa membantu menghadirkan rasa aman dan suasana kondusif bagi suksesnya KTT. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA