Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dana Desa Harus Dimaksimalkan Untuk Bangun Infrastruktur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 07 Januari 2016, 18:23 WIB
Dana Desa Harus Dimaksimalkan Untuk Bangun Infrastruktur
mendes (tengah)
rmol news logo Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar Marwan Jafar mengaku sangat sering melihat jalan rusak. Akibatnya, selain mengganggu aktivitas masyarakat, investor juga tidak tertarik menanamkan modal di desa jika infrastrukturnya tidak menunjang.

"Masih banyak jalan setapak yang menyulitkan aktivitas," ujar Menteri Marwan saat meninjau pembangunan infrastruktur di Desa Mekar Galih, Jatiluhur, Purwakarta, Kamis (7/1).

Karena itu dia mengingatkan, dana desa harus dimaksilkan untuk membangun infrastruktur, sarana dan prasarana desa. Sebab infrastruktur ini menjadi penunjang aktifitas masyarakat desa di segala bidang. "Seharusnya dituntaskan terlebih dahulu pembangunan infrastruktur jalan desanya," ungkapnya.

Setelah membangun jalan desa, dia menambahkan, barulah dana desa digunakan untuk membangun program lain.  "Baru setelah infrastruktur bagus, bangun saluran irigrasi dan program lainnya. Buat program infrastruktur dengan maksimal. Jangan setengah-setengah," ucap Mendes.

Menteri kelahiran Pati, Jateng ini menambahkan, dana desa yang telah menjadi hak desa untuk dikelola harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan membenahi infrastruktur jalan, maka kegiatan masyarakat akan lebih mudah dilakukan, dan pada gilirannya aktivitas perekonomian desa semakin hidup.

Sementara itu, Kades Mekar Galih Buchori mengatakan, pihaknya memang telah membangun jalan desa dan program irigasi. Namun program infrastruktur akan diutamakan dibanding program lain yang tidak terlalu mendesak. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA