Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bakal Dihadiri Ribuan Wisman, Great Batam Tutup Tahun Ini Dengan Happy Ending

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 28 Desember 2015, 00:14 WIB
Bakal Dihadiri Ribuan Wisman, Great Batam Tutup Tahun Ini Dengan <i>Happy Ending</i>
ilustrasi
rmol news logo Great Batam tampaknya bakal menutup tahun 2015 ini dengan happy ending. Pasalnya, ribuan wisatawan mancanegara diprediksi akan berduyun-duyun datang ke Kepulauan Riau untuk mengisi acara tahun 2015 menuju 2016 pekan depan.

Apalagi, hampir semua pengelola wisata di Kepri menggelar acara istimewa untuk menggaet pengunjung, termasuk dua destinasi andalan daerah tersebut, Riau Lagoi Bintan dan Nongsa Batam.

Kedua destinasi berbasis pantai tersebut sudah menyiapkan event akhir tahun dengan target pasar Singapura, Malaysia dan ASEAN.

Lagoi Bintan misalnya akan menggelar event bertajuk "Masquarede Extravaganza" di kawasan wisata eksklusif Lagoi. Melihat respons terhadap rencana acara tersebut, 750 orang diyakini akan datang, melebihi target semula 500 orang. "Kami sangat yakin dengan target itu," jelas Vice President BRC Lagoi Abdul Wahab dalam keterangannya (Minggu, 27/12).

Pasalnya, pihak Lagoi sudah punya network dan costumers loyal di pasar Singapure dan Malaysia. Apalagi, Kementerian Pariwisata juga gencar mempromosikan pariwisata Indonesia. "Kami senang, dan makin yakin dengan support promosi yang digencarkan Kemenpar selama ini. Sangat terasa dampaknya di pasar dan industri pariwisata," tandas Abdul Wahab.

Sementara Nongsa dengan branding Nongsa Sensation juga akan menghadirkan dua event penuh sensasi sebelum tahun 2015 ini terbenam. Minggu malam, 27 Desember 2015 ini akan digulirkan Event Batam-Bandung Festival di Turi Beach Resort. Targetnya, 400 turis asing. "Kami juga akan hebohkan Batam View dengan event Lest Get Lost, sebagai puncak acara akhir tahun dengan kemasan Beach Party," jelas Andi Fong, GM Batam View.

Destinasi lainnya, Turi Beach juga akan membuat acara dengan tema Back to 1960. Sensasi ini akan menghadirkan ratusan turis asing yang punya kenangan tempo dulu seperti itu. "Yang suka dengan musik-musik seputaran tahun itu lebih banyak didominasi oleh orang-orang berusia 50-60 tahun, yang sudah mapan secara ekonomi," jelas Soemantri Endang GM Turi Beach.  

Hampir 100 persen hotel dan resort di kawasan nongsa sudah fully booked, hingga akhir tahun.

Soemantri sendiri tak menampik pihaknya terbantu atas langkah-langkah Kemenpar RI di Great Batam dengan promosi gencar di Singapure dan Malaysia. Dua negara itu paling masuk akal untuk mengejar target jumlah kunjungan. "Kami juga makin semangat, karena komitmen pemerintah juga semakin jelas, makin terarah, dan terukur. Kami leluasa untuk membuat program dan proyeksi," tutur dia.

Sesmen Kemenpar, Ukus Kuswara, didampingi Kadinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti kemarin melakukan penunjauan di beberapa lokasi yang hendak dibuat acara akhir tahun 2015. "Lagoi dan Nongsa harus menjadi engine growth pertumbuhan wisman di Kepri, dan saya yakin bisa," kata Ukus Kuswara saat bertemu industri pariwisata.

Kadispar Guntur Sakti menambahkan, ASITA Kepri juga bergerak dinamis. Beberapa Tour and Travel sudah memastikan untuk memboyong group dari Singapore ke Batam. "Contohnya NJI T&T sudah akan bawa 410 pack, Best Tour and Travel 104 pack, lalu Desindo Tour and Travel 340 pack. Masih ada beberapa perusahaan tour yang inbound, kami makin yakin," jelas Guntur.

Statemen Ukus Kuswara dan Guntur Sakti itu diamini oleh Andika, Ketua ASITA Kepri. Dia sangat optimis angka kunjungan wisman ke Kepri bakal terdongkrak akhir tahun ini. Wonderful Indonesia akan menutup 2015 dengan manis di Great Batam.

"Walau pun pada bulan September dan Oktober 2015, sektor pariwisata Kepri sedang dirundung duka! Bagaimana tidak? Kami diasapi kabut CO yang terlama sepanjang sejarah? Saya rasa bukan hanya Batam Bintan dan termasuk Singapura yang kena dampak, tapi seluruh Sumatera dan Kalimantan tersiksa semua," kata Andika. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA