Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Senator Jakarta: Satu Tahun Ahok Memimpin, Ibukota Masih Dibelit Banyak Masalah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 20 November 2015, 16:24 WIB
Senator Jakarta: Satu Tahun Ahok Memimpin, Ibukota Masih Dibelit Banyak Masalah
FAhira Idris
rmol news logo Hari ini, Rabu 20 November 2015, genap satu tahun Basuki Tjahaja Purnama menjadi Gubernur DKI Jakarta. Dalam setahun ini diakui, sudah ada capaian yang diraih, tetapi belum mengembirakan.

"Jakarta masih dibelit banyak masalah," jelas anggota DPD RI, Fahira Idris, dalam keterangannya (Jumat, 20/11).

Senator asal Jakarta ini menyontohkan soal banjir. Di mengatakan, persoalan utama banjir Jakarta adalah laju penurunan tanah yang semakin parah dan hilangnya hutan bakau di pesisir Jakarta. Laju penurunan tanah  di Jakarta sangat luar bisa, di mana pertahun bisa 10 cm, bahkan di beberapa wilayah di bagian utara Jakarta laju penurunan tanah mencapai 26 cm pertahun.

Kondisi ini, lanjut Fahira, diperparah dengan beralih hutan bakau di pesisir Jakarta yang fungsinya menghalangi limpasan air laut ke darat saat terjadi pasang air laut (rob), menjadi perumahan mewah dan tempat-tempat komersil.

Dia menambahkan penanganannya banjir tidak hanya normalisasi sungai, tetapi cobalah tinjau ulang ijin-ijin perumahan mewah dan pusat perbelanjaan yang berdiri di sepanjang pesisir Jakarta.

"Segera susun aturan yang tegas soal batas penyedotan air tanah terutama buat industri dan pusat-pusat komersil. Selama kedua persoalan ini tidak diselesaikan, banjir akan terus menghampiri Jakarta,” tukas Wakil Ketua Komite III DPD ini.
Persoalan lainnya adalah sampah. Bagi Fahira, sudah saatnya Pemprov DKI Jakarta memperlakukan persoalan sampah, sama seriusnya dengan mengatasi banjir dan macet.

"Harusnya, dengan APBD yang cukup besar, tiap wilayah administrasi di Jakarta masing-masing sudah punya TPST yang dilengkapi dengan alat sampah terpadu Intermediate Treatment Facility/ITF atau Fasilitas Pengolahan Sampah Antara untuk mengurangi jumlah sampah sebelum masuk ke TPST di Bantargebang.

Selain banjir dan sampah, persoalan lainnya yang harus diatasi, kata Fahira adalah, sistem manajemen transportasi, persoalan anak dan perempuan. Serta berbagai persoalan lain belum ditangani secara simultan dan sistemik," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA