Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kalau Dilatih, 11,5 Juta Penyandang Disabilitas di Indonesia Bisa Prestasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 27 Oktober 2015, 22:19 WIB
Kalau Dilatih,  11,5 Juta Penyandang Disabilitas di Indonesia Bisa Prestasi
mensos
rmol news logo Di Indonesia terdapat 11,5 juta penyandang disabilitas usia produktif. Terdiri 1,2 disabilitas kronis, 3,5 juta netra, 3 juta fisik, 2,4 juta rungu, serta 1,2 juta mental.

Menurut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, jika mereka diberikan vocational dan training bagus, akan menunjukkan prestasi luar biasa.

Hal itu sudah ditunjukkan anak-anak disabilitas mental yang mampu mempersembahkan medali emas pada Special Olympics World Games (SWOG) 2015 di Los Angeles yang diikuti 177 negara.

"Bahkan, ada staf di lingkungan Kementerian Sosial (Kemensos) penyandang disabilitas berpendidikan master dari fakultas hukum," ungkap ujar Mensos usai membuka sosialisasi rehabilitasi vokasional dan peluncuran kurikulum Baru BBRVBD Cibinong, di Hotel Double Tree Jakarta, Selasa (27/10).

Agar bisa diserap pasar kerja diperlukan review kurikulum komptensi di bidang komputer, fotografi, desainer, serta disiapkan menjadi pengusaha garmen. Garmen tidak hanya terkait menjahit, tetapi manajemennya.

"Acara ini membahas review kurikulum yang diinisiasi Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa (BBRVBD) Cibinong bermitra dengan Badan Kerjasama Pembangunan Jerman atau Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ)," katanya.

Setelah mereview kurikulum di BBRVBD Cibinong, yang dimitrakan dengan GIZ Jerman itu, diharapkan bisa menjadi role model dan bisa diterapkan di tempat vocational training lainnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA