Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKS Kalteng Terjunkan Kadernya untuk Evakuasi Warga Korban Asap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Minggu, 25 Oktober 2015, 23:53 WIB
PKS Kalteng Terjunkan Kadernya untuk Evakuasi Warga Korban Asap
rmol news logo Gerakan Nasional Tanggap Asap (Genta) PKS Kalimantan Tengah bekerjasama dengan BPBD Kota Palangkaraya akan melepas keberangkatan sebagian kader dan relawan yang akan melakukan evakuasi tahap kedua terhadap warga yang terkena dampak asap. Wali Kota Palangkaraya diagendakan akan turut melepas proses evakuasi bersama ini dari Posko Genta PKS Kalteng.

Ketua Umum DPW PKS Kalimantan Tengah, Heru Hidayat, menjelaskan pihaknya siap bersinergi dengan pemerintah, termasuk pemda, untuk bahu-membahu menghadapi musibah asap. Apalagi hingga hari ini, musibah asap masih terjadi di sejumlah wilayah hingga level yang mengkhawatirkan.

"Sinergi ini dilakukan karena melihat kondisi warga yang semakin membutuhkan upaya penanganan yang lebih cepat, tepat, dan aman dari bahaya asap pekat yang mengganggu kesehatan selama ini," jelas Heru dalam siaran persnya.

Heru menyampaikan kepada semua pihak bahwa penanganan warga terdampak sebaiknya tidak saja berada di perkotaan namun juga yang berada di pedesaan. Maka langkah yang harus di lakukan sesuai kondisinya.

Jika di perkotaan hanya memfasilitasi tempat singgah dengan menjaga udara yang sehat. Selain itu evakuasi bisa dilakukan untuk memfasilitasi warga yang sangat rentan dengan kondisi asap pekat saat ini. Meski pemerintah menyatakan bahwa sebagian warga tidak harus keluar daerah, pemerintah sebaiknya memfasilitasi evakuasi warga terdampak dari desa-desa," jelasnya.

Atau jika memungkinkan, lanjut Heru, dengan anggaran disarankan membuat tempat singgah di desa-desa karena kondisi di pedesaan juga sangat mengkhawatirkan.

Heru menyarankan pemerintahan agar mendapatkan informasi langsung dari lapangan, karena warga yang terdampak asap itu tidak saja yang berada perkotaan di Palangkaraya, namun juga yang berada di desa-desa, baik Kota Palangkaraya maupun beberapa kabupaten lainnya.

Seperti yang dilakukan PKS Kalimantan Tengah langsung mendatangi  warga desa yang berada di Kabupaten Pulang Pisau, dimana mereka menjadi warga terdampak di luar perkotaan yang tidak memiliki aliran listrik, jarak yang cukup jauh dan harus ditempuh dengan jalur sungai.

Sementara itu, Ketua Genta PKS Kalteng, Agus Syamsudin Majid menyampaikan bahwa saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Genta PKS Pusat untuk bisa terus bersinergi dalam penanganan bencana asap di Kalimantan Tengah. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA