Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TRAGEDI ASAP

Bukan Cuma Masa Jokowi, Era Soeharto juga Indonesia Terima Bantuan Asing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 08 Oktober 2015, 22:59 WIB
Bukan Cuma Masa Jokowi, Era Soeharto juga Indonesia Terima Bantuan Asing
meme sindir jokowi
rmol news logo . Pemerintah Indonesia menerima bantuan dari negara tetangga akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bukan kali ini saja. Jauh sebelumnya juga sudah pernah terjadi.

Demikian disampaikan Kapusdatin Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam pesan singkatnya malam ini.

Dia menjelaskan, pada September 1997, Indonesia menerima bantuan internasional untuk mengatasi karhutla berupa 1.300 pasukan Bomba dari Malaysia;, 3 Hercules C-130 dari Malaysia, 1 Hercules C-130 dari Singapura, 2 pesawat Air Tractor pembom air dari Australia, 2 Hercules dari AS, 2 helikopter dari Jepang untuk memantau hotspot dan peralatan pemadam kebakaran Jepang dan Prancis.

Tadi pagi, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah sudah meminta bantuan sejumlah negara untuk mempercepat mengatasi asap.

"Kita kemarin sudah minta bantuan dan dibantu oleh Singapura masih dalam proses, Rusia dan Malaysia, kemudian Jepang. Kita harapkan nanti bisa mempercepat penanganan karena memang menangani kebakaran lahan gambut berbeda dengan menangani kebakaran hutan biasa. Sangat berbeda sekali," papar Jokowi.

Dia berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat mempercepat pemadaman api dan menghentikan bencana kabut asap di Indonesia.

"Ada 3 pesawat dari Singapura, dari Rusia juga. Karena yang kita butuhkan saat ini adalah pesawat pesawat pengangkut air 12 ton atau 15 ton. Tidak seperti yang sekarang yang hanya 2-3 ton," pungkas Jokowi. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA