Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Minimalisir Dampak Asap, Dompet Dhuafa Siapkan Safe House

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 08 Oktober 2015, 20:59 WIB
Minimalisir Dampak Asap, Dompet Dhuafa Siapkan Safe House
rmol news logo Untuk meminimalisir dampak buruk akibat bencana kabut asap yang tengah melanda, Dompet Dhuafa berikhtiar dengan mengupayakan berbagai bantuan atau respon darurat, baik dalam sektor pendidikan dan kesehatan.

Dalam sektor kesehatan, salah satunya Dompet Dhuafa telah menginisiasi respon darurat kesehatan dalam aktivitas safe house, yakni sebuah instalasi masyarakat yang menjadi tempat evakuasi jika pencemaran udara mencapai level bahaya.

Instalasi ini bisa ditempatkan dilokasi umum atau masyarakat yang dilengkapi dengan air purifier, oksigen lengkap, air bersih dan alat komunikasi. Safe house harus tertutup dan cukup terlindung dari dampak asap secara maksimal.

"Instalasi ini sangat penting untuk mengurangi dampak buruk bagi ibu hamil, bayi, anak, manula dan orang dengan penyakit penyerta seperti TB, Asma, Pnemonia dan lain sebagainya," ujar Imam Rulyawan, Direktur Program Dompet Dhuafa dalam siaran persnya (Kamis, 8/10).

Rencananya, respon darurat kesehatan berupa safe house ini akan segera direalisasikan ke wilayah-wilayah yang terdampak bencana kabut asap seperti Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.

"Untuk merealisasikan safe house ini nantinya kami akan bersinergi dengan jejaring atau cabang dan mitra Dompet Dhuafa di daerah terdampak bencana. Ini upaya yang kami lakukan, agar meminimalisir penyakit yang timbul akibat musibah ini," paparnya.

Dompet Dhuafa juga telah melakukan berbagai respon lainnya akibat kabut asap yang tengah melanda Kalimatan dan Sumatera tersebut.

Sebanyak 55.792 masker disebar ke enam wilayah di Sumatera dan Kalimantan oleh tim dari Disaster Management Center (DMC) dengan pembagian Palembang 16.410 masker, Jambi 18.622 masker, Padang 5.100 masker, Riau 9.660 masker, Medan 2.000 masker, dan Pontianak 4.000 masker.

Dompet Dhuafa Cabang Jambi juga memberikan layanan kesehatan untuk 100 orang yang terkena ISPA di RT 10, Kelurahan Wijaya Pura, Kota Jambi dan Masjid Raya Sungai Pinang, Kabupaten Kampar.

Kedepan Dompet Dhuafa akan melakukan home schooling, pendistribusi bantuan masker, menyediakan mobil ambulans siap antar, 10 makanan/ minuman detoksifikasi radikal bebas dampak asap, bantuan air bersih, dan layanan kesehatan untuk warga yang terpapar asap. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA