Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SDA akan Habis, Pembangunan SDM harus Menjadi Prioritas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 01 Oktober 2015, 02:58 WIB
SDA akan Habis, Pembangunan SDM harus Menjadi Prioritas
rmol news logo Tujuan pembangunan Batanghari adalah untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Kesejahteraan tidak hanya bersifat fisik tetapi juga bersifat nonfisik.

"Semua sumber daya yang dimiliki Kabupaten Batanghari seharusnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan warga," jelas calon Bupati Batanghari, Jambi, Camelia Puji Astuti, saat bersilaturahmi dengan warga Rabu (30/9).

Dia mengingatkan bahwa sumber daya alam dapat habis, atau nilainya menurun, sedangkan sumber daya manusia mampu bertahan. Karena itulah dia menambahkan, pembangunan daerah harus berfokus kepada pembangunan manusia.

"Pembangunan ekonomi, infrastruktur, sosial dan budaya merupakan upaya-upaya untuk mendukung pembangunan manusia tersebut," ucapnya.

Ia mengatakan itu berdasarkan pengalamannya setelah menempuh pendidikan di dalam dan di luar negeri.

"Negara tetangga kita berlomba-lomba membangun sumber daya manusia. Mereka berhasil masuk ke kelompok negara maju. Beberapa kota da kabupaten di Indonesia juga mampu menjadi magnet ekonomi berbasis sumber daya manusia. Batanghari ini harus mengembangkan sumber daya manusianya agar mampu bersaing," imbuhnya.

Kandidat satu-satunya perempuan ini menyatakan pembangunan sumber daya manusia berdaya saing dapat dimulai dari pembenahan dan perbaikan infrastruktur pendidikan. Infrastruktur tersebut juga bersifat fisik dan nonfisik.

"Infrastruktur fisik seperti sarana dan prasarana gedung sekolah dan seluruh kelengkapannya harus disiapkan dan memadai. Infrastruktur pendukung nonfisik seperti guru-guru, sistem dan fokus pendidikan juga harus ditingkatkan. Dan yang tak kalah penting adalah menyiapkan orang tua siswa-siswi untuk selalu menjadi motivator untuk putra-putri mereka," kata putri Hasip Kalimuddin Syam, Bupati Batanghari periode 1981-1991 ini.

Menurutnya, hal itu harus dilakukan karena suatu daerah akan maju dan sejahtera karena keunggulan sumber daya manusia.

"Daerah yang kaya seperti Batanghari saat ini unggul karena kekayaan alam. Keunggulan tersebut harus memberi jalan untuk menjadikan Batanghari memiliki keunggulan berbasis sumber daya manusia," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA