Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arab Saudi Sudah Berupaya Beri Akses ke Semua Negara Pengirim Jemaah Haji

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 29 September 2015, 05:22 WIB
Arab Saudi Sudah Berupaya Beri Akses ke Semua Negara Pengirim Jemaah Haji
raja salman
rmol news logo Pemerintah Arab Saudi sebenarnya sudah berupaya memberikan akses kepada seluruh negara pengirim jamaah haji untuk melakukan identifikasi terhadap jamaah yang wafat dalam tragedi Mina.

"Tapi, ada banyak negara yang warganya menjadi korban. Kalau bersamaan justru menjadi kisruh dan gaduh," jelas Konsul Jenderal RI di Jeddah Dharmakirty Syailendra Putra (Senin, 28/9).

Dharmakirty menyatakan Saudi pun menerapkan mekanisme agar identifikasi dapat dilakukan secara bertahap. Saudi telah mendatangkan kontainer untuk menampung jenazah yang belum teridentifikasi.

Ketika hendak diidentifikasi, jenazah dikeluarkan dari kontainer untuk difoto. Mereka memfoto jenazah yang hendak diidentifikasi. Selanjutnya, setiap perwakilan diberi akses untuk mengidentifikasi melalui foto. "Lalu, lihat file dan jenazahnya," kata dia, seperti dikutip dari situs Kementerian Agama pagi ini.

Sementara itu salah seorang tim identifikasi jemaah haji asal Indonesia, Letnan Kolonel Jaetul Muchlis Basyir menyatakan tim selalu berupaya bergerak dengan cepat untuk melakukan proses identifikasi mulai dari mengenali foto, mendapatkan file, hingga melihat jenazah. Namun, ada berbagai kendala yang harus dihadapi oleh tim.

"Arab punya cara mereka sendiri. Bagi kita, mereka lambat, tapi mereka juga ingin menunjukkan mampu menanganai jamaah haji yang menjadi korban dan melakukan identifikasi ini," tandasnya.

Muchlis pun menuturkan tim kerap melakukan pendekatan personal dengan setiap petugas di Al Muaishim agar proses identifikasi dapat dipercepat. Pendekatan personal sering kali lebih efektif untuk melihat jenazah,” pungkasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA