Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Instruksi Jokowi Akselerasi Anggaran Bisa Mendorong Terjadinya Korupsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 25 Agustus 2015, 21:35 WIB
Instruksi Jokowi Akselerasi Anggaran Bisa Mendorong Terjadinya Korupsi
jokowi
rmol news logo Aktivis antikorupsi mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena menginstruksikan para menteri dan kepala daerah melakukan akselerasi untuk memaksimalisasi penyerapan anggaran.

Sebab, instruksi Presiden yang disampaikan dalam pertemuan dengan menteri dan kepala daerah se-Indonesia tersebut justru berpotensi untuk mendorong terjadinya praktik korupsi.

"Karena mengabaikan fakta, ada masalah value for money (ekonomis, efisien, efektif) dalam penyusunan anggarannya, sehingga akselerasi penyerapan yang asal maksimal justru beresiko," tegas Dahnil Anzar Simanjuntak dalam pesan singkatnya (Selasa, 25/8).

"Jadi tidak bisa dimaknai maksimalisasi penyerapan anggaran sekadar membelanjakan anggaran an sich. Namun dibutuhkan ketepatan penggunaan anggaran tersebut," sambung penggagas Berjamaah Melawan Korupsi ini.

Makanya, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini menambahkan, proses penyusunan anggaran sejak awal harus memperhatikan transparansi dan value for money (ekonomis, efisien, efektif). [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA