Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ramaikan Muktamar, Ribuan Warga Muhammadiyah Arungi "Tol Laut" Menuju Makassar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 30 Juli 2015, 20:59 WIB
Ramaikan Muktamar, Ribuan Warga Muhammadiyah Arungi "Tol Laut" Menuju Makassar
rmol news logo Warga Muhammadiyah di seluruh Nusantara antusias menyambut pelaksanaan Muktamar yang digelar di Makassar pada 3-7 Agustus 2015 mendatang. Bahkan tak sedikit dari mereka rela mengarungi "tol laut" untuk mencapai tempat perhelatan akbar tersebut.

Sebanyak 200 warga Muhammadiyah yang tergabung dalam Kontingen Nasional Penggembira Muktamar ke-47 bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada pukul 11.30 WIB kemarin, (Rabu, 29/7). Mereka menggunakan KM Tidar milik PT Pelni menuju Makassar via Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Warga Muhammadiyah tersebut berasal dari PWM Banten, Lampung, DKI Jakarta dan organisasi otonom Muhammadiyah tingkat pusat (IPM, IMM, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah) serta rombongan Jambore Nasional Hizbul Wathan yang akan menggelar Jamnas di Bantimurung, Maros.

Turut serta dalam Kontingen itu Ketua Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah Syafruddin Anhar, Ketua STIE AD Ahmad Dahlan Jakarta Mukhaer Pakkanna, Bendahara PP Pemuda Muhammadiyah yang juga Panitia Pemberangkatan Kontingen Nasional Mashuri Masyhuda serta Wasekjen PP Pemuda Muhammadiyah M. Iqbal.

KM Tidar yang membawa rombongan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak pukul 12.00 WIB (Kamis, 30/7). Sekitar 2.700 warga Muhammadiyah yang dikoordinir PDM se-Jawa Timur bergabung dengan Kontingen Penggembira dan melanjutkan perjalanan petang tadi.

Mashuri Masyhuda menjelaskan sepanjang berlayar mengarungi "toll laut" ini, pihaknya menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Seperti taaruf dan silaturahmi warga Muhammadiyah, pengajian dan kajian Muhammadiyah dan tantangan abad ke-2, forum temu saudagar/dialog kewirausahaan  dan juga qiyamul lail.

Salah satu poin menarik dalam diskusi kewirausahaan di forum temu saudagar adalah memberikan catatan penting tentang perlunya kemandirian ekonomi umat dalam rangka mengejawantahkan spirit Islam berkemajuan untuk Indonesia yang berdaulat adil dan makmur.

"Mustahil rasanya Islam berkemajuan di seluruh Nusantara jika tidak ditopang dengan kemandirian ekonomi umat. Hal ini harus menjadi perhatian serius siapapun yang terpilih menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang akan datang," ungkapnya.

Karena itu dia menegaskan, adalah sebuah keniscayaan bagi saudagar-saudagar Muhammadiyah untuk dapat memberikan dukungan moril terhadap calon pimpinan persyarikatan yang mempunyai visi kemandirian ekonomi umat. "Kita akan dukung siapapun yang mau memperjuangkan hal tersebut," tandas Mashuri yang juga pengusaha muda ini. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA