Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Stok Beras di Kabupaten Sekitar Gunung Raung Aman Terkendali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 13 Juli 2015, 02:14 WIB
Stok Beras di Kabupaten Sekitar Gunung Raung Aman Terkendali
rmol news logo Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di kabupaten Bondowoso, Jember dan Banyuwangi, yaitu daerah sekitar erupsi Gunung Raung yang teridentifikasi terdampak, dipastikan aman dan terkendali.

Pada kondisi darurat bencana, bupati bisa menggunakan beras 100 ton dan gubernur hingga 200 ton. Sedangkan di atas 200 ton menerupakan kewenangan dari Menteri Sosial (Mensos).

"SOP Bulog mengirimkan beras dari gudang hingga titik distribusi. Sedangkan, dari titik distribusi hingga titik bagi merupakan tugas pemda," jelas Mensos Khofifah Indar Parawansa saat sidak di Gudang Bulog di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Minggu (12/7).

Untuk kualitas raskin, diharapkan kepada tim koordinasi (tikor) raskin kabupaten/kota melakukan pengecekan di gudang Bulog sebelum dilakukan pengiriman ke tititik distribusi yang tidak jarang jaraknya sangat jauh.

Dirut Bulog memberikan jaminnan bahwa 1x24 jam jika ditemukan raskin seperti di atas. Maka Bulog akan mengganti dengan raskin yang baru dan layak untuk dikonsumsi.

"Beras yang tidak sesuai kualitas dan standar yang telah ditetapkan. Maka Bulog akan mengganti dengan raskin baru yang layak untuk dikonsumsi," katanya.

Dia juga memastikan stok raskin di gudang bulog aman hingga Desember tahun ini disesuaikan dengan APBN. Namun, bagi gudang Bulog yang melimpah stok beras bisa didistribusikan ke provinsi lain, seperti Papua dan Maluku. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA