Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wakil Ketua DPD: Semangat KAA menjadi Modal Dasar Membangun Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 22 April 2015, 04:48 WIB
Wakil Ketua DPD: Semangat KAA menjadi Modal Dasar Membangun Daerah
Farouk Muhammad
rmol news logo Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI selama ini telah memfasilitasi daerah-daerah potensial di Indonesia dengan daerah di negara lain. Di antaranya saling bertukar informasi dan berkerjasama dalam kegiatan bisnis, sosial dan budaya untuk dapat mengembangkan daerahnya.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad dalam keterangan pers yang diterima sesaat lalu (Rabu, 22/4).

Karena itu, DPD RI mendorong Konferensi Asia Afrika (KAA) yang sedang digelar saat ini sebagai sarana penguatan konektivitas dan kerjasama daerah antar negara-negara di benua Asia dan Afrika dalam konsep sister city yang sinergis.

Dia menjelaskan, berdasarkan pengalaman selama ini ada banyak manfaat kegiatan tersebut bagi daerah. Di antaranya mempererat persahabatan pemerintah dan masyarakat kedua belah pihak, mendorong tumbuhnya prakarsa dan peran aktif pemerintah daerah kota, masyarakat dan swasta, kesempatan untuk tukar menukar pengetahuan dan pengalaman pengelolaan pembangunan bidang-bidang, dan kesempatan untuk tukar menukar kebudayaan dalam rangka memperkaya kebudayaan daerah.

"Spirit serta semangat Konferensi Asia Afrika (KAA) dapat menjadi modal dasar dalam membangun daerah, karena lebih berbasis pada kesetaraan, konektivitas dan kemitraan yang saling menguntungkan," ucap senator asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini,

Konektivitas daerah-daerah potensial di Indonesia dirasakan cukup penting, selain berbasis pada kerjasama kebudayaan dan pendidikan, tetapi dalam jangka panjang dapat diorientasikan untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat daerah, sehingga dapat meningkatkan penguatan dan pengembangan ekonomi daerah.

"Setelah pelaksanaan KAA, diharapkan dapat secara nyata mendorong penguatan negara-negara di Asia Afrika berbasis konektivitas daerah," ungkapnya.

Dengan tata kelola dan komitmen yang baik, dia menambahkan, pembelajaran pembangunan dapat dilakukan dengan saling mempelajari bagaimana aspek kerjasama ekonomi, budaya, pendidikan, dan berbagai bidang sesuai dengan potensi utama suatu daerah atau kota sehingga dapat saling menguntungkan. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA