Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Manfaatkan Peringatan KAA, Menko Maritim Kumpulkan Negara-negara Pulau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 19 Maret 2015, 07:24 WIB
Manfaatkan Peringatan KAA, Menko Maritim Kumpulkan Negara-negara Pulau
RMOL.  Para kepala negara dan kepala pemerintahan dari 109 negara-negara Asia-Afrika akan hadir di Indonesia dalam rangka peringatan 60 Tahun Konperensi Asia-Afrika April 2015 mendatang, sekaligus untuk mengenang Dasa Sila Bandung.

Kementerian Koordinator Kemaritiman memanfaatkan kehadiran para kepala negara dan pemerintahan tersebut untuk menggalang dukungan agar Sasaran Pembangunan Berkelanjutan Pasca 2015 (SDG Post-2015), utamanya yang berkaitan dengan samudera, laut dan kelautan (goal nomor 14) dapat disetujui negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Karena itu, negara-negara Small Island Development States (SIDS) dan Indian Ocean Rim Association (IORA) akan berkumpul pada 21 April 2015 mendatang di Jakarta.

Demikian hasil pertemuan antara Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo dengan para Duta Besar serta diplomat dari negara negara Asia dan Afrika, di Jakarta kemarin.

Sebagaimana diketahui, The Millenium Development Goals (MDGs), yang terdiri 8 Goals, akan berakhir pada tahun ini. PBB saat ini tengah menggodok program SDG Post-2015 yang terdiri 17 Goals dan dijadwalkan akan diaklamasikan oleh para Pemimpin Dunia, termasuk Presiden RI Jokowi, pada Sidang Umum PBB, September 2015 mendatang di New York.

Dokumen SDG Post-2015, yang saat ini tengah dinegosiasikan, mencakup goal nomor 14, tentang samudera, laut, sumberdaya kelautan untuk pembangunan yang berkelanjutan. Goal nomor 14 menarik minat negara-negara SIDS dan IORA, terutama Indonesia, karena ini sesuai dengan visi Presiden Jokowi, yaitu: ”Membawa Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia”.

Untuk menyamakan persepsi dan visi maritim tadi maka negara-negara SIDS dan IORA akan menggelar pertemuan pada 21 April 2015, di Jakarta agar SDG goal nomor 14 semakin kokoh. Tiga pembicara yang mewakili wilayah, yaitu Fiji yang mewakili Pasifik Selatan, Afrika Selatan yang mewakili negara-negara Samudera Hindia dan Jamaica yang mewakili negara-negara Karibia akan menyampaikan pandangannya.

Diharapkan, usai pertemuan SIDS dan IORA ini para delegasi dapat menyampaikan sebuah pernyataan bersama tentang pentingnya Samudera, Laut dan Sumberdaya Kelautan Bagi Pembangunan Berkelanjutkan dan siap memperjuangkan goal nomor 14 SDG post 2015 agar dapat disetujui oleh Majelis Umum PBB.

Hasil pertemuan segera dikirimkan ke Markas PBB New York guna memperkuat negosiasi dokumen SDG Post-2015. Sekiranya goal nomor14 masuk kedalam SDG Post-2015 maka sumberdaya global akan dimobilisasi dan diarahkan untuk pembangunan kemaritiman Dunia secara berkelanjutan. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA