Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kisruh TPI, Badan Arbitrase Putuskan Mbak Tutut Wanprestasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 13 Desember 2014, 07:56 WIB
Kisruh <i>TPI</i>, Badan Arbitrase Putuskan Mbak Tutut Wanprestasi
mbak tutut
rmol news logo Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) kemarin menjatuhkan putusan dalam sengketa antara PT. Berkah Karya Bersama melawan Tutut dkk sehubungan dengan Investment Agreement. Putusan BANI ini adalah final dan mengikat para pihak.

Informasi itu disampaikan kuasa hukum, PT. Berkah, Andi F. Simangunsong dalam keterangan pers yang diterima pagi ini (Sabtu, 13/12).

Menurutnya, putusan BANI tersebut sesuai dengan kesepakatan diantara para pihak yang diatur dalam Investment Agreement bahwa apabila terjadi sengketa maka akan diselesaikan di BANI.

"BANI telah menyatakan bahwa PT. Berkah (yang dalam hal ini sebagai investor) beritikad baik telah melaksanakan Investment Agreement. Sedangkan kubu Tutut dkk telah wanprestasi terhadap Investment Agreement," ungkapnya.

Karena itu, PT. Berkah berhak atas 75% saham di TPI. Dengan demikian, maka konsekuensi hukumnya pengalihan 75% saham dari PT Berkah ke PT. MNC Tbk adalah sah secara hukum.

"Putusan BANI juga menghukum Tutut dkk untuk mengembalikan kelebihan pembayaran berikut bunganya yang telah dilakukan oleh PT. Berkah pada saat melaksanakan Investment Agreement sebesar Rp 510 miliar," imbuhnya.

Andi Simangunsong memambahkan, putusan BANI tersebut adalah satu satunya putusan yang memeriksa,  mempertimbangkan, dan memutus tentang hak kepemilikan saham di TPI. "Tidak ada putusan lain yang mempertimbangkan tentang kepemilikan saham di TPI terkait sengketa ini," tegasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA