Persaingan Semakin Seru, Dahlan Iskan dan Gita Wirjawan Bersaing Ketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 30 Desember 2013, 09:48 WIB
Persaingan Semakin Seru, Dahlan Iskan dan Gita Wirjawan Bersaing Ketat
rmol news logo Persaingan 11 peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat semakin seru di jejaring sosial. Terutama antara Gita Wirjawan dan Dahlan Iskan. Pasalnya, hanya dua nama tersebut yang menonjol, diikuti Anies Baswedan di posisi ketiga meski jaraknya jauh. Sedangkan peserta lain, tidak tampak pergerakannya di sosial media.

Analis Politicawave, Yose Rizal, (Senin, 30/12), menjelaskan, lembaganya memonitor percakapan media sosial Twitter, Facebook, blog,  berita online, video YouTube, dan forum online. Ada empat kategori yang jadi perhatian, yaitu kecenderungan tingkat pengenalan (trend of awareness),  elektabilitas capres (candidat electability),  pembagian tingkat pengenalan antar capres (share of awareness), dan pembagian pengguna sosial media (share of citizen).

Dari empat kategori tersebut, hasil semuanya senada, yaitu didominasi Gita dan Dahlan. Merujuk hasil monitoring tanggal 22-28 Desember, trend of awareness  Gita cenderung menanjak yakni terakhir 1357 poin, sedang Dahlan anjlok dan hanya mendapat 702 poin, diikuti Marzuki Alie 290.

Untuk share of awareness  yang diambil dari jumlah percakapan media sosial, Gita 25,5%, Dahlan 39,7%. Sedangkan share of citizen yang dihitung dari jumlah unit pemilik akun (unique account), rasionya Gita 25%, Dahlan 40,5%.

Paling jadi perhatian adalah tentang indeks elektabilitas, yang mengacu pada 4 hal: Sentiment index, EMSS, net reputation, dan unique user.

Sentiment index,  yaitu indeks yang mengukur margin perbandingan antara sentimen tiap kandidat dibandingkan dengan keseluruhan kandidat. EMSS (earned media share of voice by sentiment) adalah perbandingan antaramention positif atau negatif dengan jumlah user. Net reputation (NR) adalah nilah bersih dari bilangan reputasi brand (kandidat) di dalam media sosial. Sedangkan unique user  adalah jumlah unit pemilik/pengguna akun.

Mengacu pada 4 hal di atas, perbandingan antara kedua kandidat pada Sabtu petang (28/12) adalah sebagai berikut. Sentiment index  Dahlan 2,19 vs Gita 5,84; EMSS 36,32 vs 31,72; Net reputation  83,68 vs 86,98, dan akun unik 8.570 pengguna vs 5.294 pengguna.

“Kalau baca hasil indeks elektabilitas ini, Gita lebih efektif dari Dahlan. Sebab, dengan jumlah akun yang lebih sedikit tapi menghasilkan dampak yang positif dan hasilnya signifikan. Value dari pembicaraan di media sosial yang dilakukan Gita, trend-nya bagus. Yang menarik, Gita dan timnya melakukan ini dalam waktu singkat, hanya 2 bulan terakhir,” tambah Yose yang rajin mengamati hal ini.

Ke-11 peserta konvensi Partai Demokrat itu adalah Gita Wirjawan , Dahlan Iskan , Anies Baswedan, Sinyo H Sarundajang, Ali Masykur Musa, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Hayono Isman, Marzuki Alie, Irman Gusman, dan Pramono Edhie Wibowo. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA