Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Demokrat Sesalkan MK yang Anulir UU Peternakan dan Kesehatan Hewan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 15 Desember 2012, 11:58 WIB
Demokrat Sesalkan MK yang Anulir UU Peternakan dan Kesehatan Hewan
ilustrasi/ist
rmol news logo . Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menganulir UU Nomor 18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan itu merupakan kesalahan dan patut disesalkan. Sebab dengan menganulir UU tersebut maka hanya dari Australia lah Indonesia bisa mengimpor sapi.

"Sebelumnya menggunakan sistem zona best, kita hanya boleh menerima impor sapi dari negara yang belum bebas penyakit mulut dan kuku. Tapi setelah di anulir MK hanya negara yang bebas penyakit mulut dan kuku," sesal anggota Komisi IV dari Fraksi Demokrat, Rosyid Hidayat, dalam diskudi dengan "Studi Sapi ke Luar Negeri," di Warung Daun, Jakarta (Sabtu, 15/12).

Kekeselan Rosyid semakin meningkat sebab ternyata Australia juga mengimpor sapi dari Brazil. Dan ternyata, Brazil belum termasuk sebagai negara zona best yang terbebas penyakit mulut dan kuku sapi.

Dia mengaku saat mengunjungi ke Paris  bertemu dengan  Office International des Epizooties (OIE) dan parlemen. Selama ini, Peranis tidak dikenal sebagai negara peternakan.

"Ternyata di Perancis banyak petani. Makanya saya datang untuk katakan kepada masyarakat, bahwa Perancis itu bukan hanya kota mode, tapi juga kota peternakan," demikian Rosyid. [ysa]
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA