Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Ketahanan Pangan, GAPKI Tanam Perdana PSR dan Tumpang Sari Padi Gogo di Kotabaru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 27 April 2024, 09:05 WIB
Dukung Ketahanan Pangan, GAPKI Tanam Perdana PSR dan Tumpang Sari Padi Gogo di Kotabaru
Program peremajaan sawit rakyat (PSR) tumpang sari dengan tanaman Padi Gogo jalur kemitraan di Kebun Koperasi Usaha Dagang (KUD) Gajah Mada di Desa Telagasari, Kotabaru, Kalimantan Selatan/Foto Antara
rmol news logo Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mendukung program tumpang sari padi gogo-sawit dalam program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian RI.

Dukungan tersebut terlihat saat GAPKI menanam perdana Padi Gogo di Kebun Koperasi Unit Desa (KUD) Gajah Mada binaan PT Tapian Nadenggan di Desa Telagasari, Kotabaru, Kalimantan Selatan baru-baru ini.

Ketua Umum GAPKI Eddy Martono mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mempercepat dan meningkatkan peremajaan sawit rakyat melalui PSR jalur kemitraan binaan GAPKI.

Program PSR jalur kemitraan merupakan salah satu program utama GAPKI karena akan membantu petani untuk meremajakan tanaman sawit yang sudah tua, rusak, dan tidak produktif.

“Sekaligus juga meningkatkan produktivitas dan produksi kelapa sawit baik skala daerah maupun nasional. Dan penanaman tumpang sari Padi Gogo di sela-sela tanaman sawit di Kalsel, pertama kali kami laksanakan di Indonesia,” ujar Eddy usai penanaman simbolis PSR dan tumpang sari Padi Gogo di Kotabaru, Kalsel, dikutip Sabtu (27/4).

Eddy menjelaskan penanaman Padi Gogo dapat dilakukan selama kanopi daun tanaman kelapa sawit belum menutup.

Selain meningkatkan produksi dan pendapatan petani, program PSR membantu para petani menyediakan pangan guna mendukung ketahanan pangan nasional.

Program PSR sangat penting karena saat ini industri sawit menjadi tumpuan sumber pendapatan bagi 17 juta kepala keluarga yang meliputi petani, karyawan, serta menjadi sumber pendapatan devisa.

Ia mengungkapkan pada 2022, devisa ekspor dari industri kelapa sawit mencapai 39,28 miliar Dolar AS yang memberikan sumbangsih neraca perdagangan di Indonesia surplus senilai 55,77 miliar Dolar AS.

“Namun ada beberapa kendala yang akan mempengaruhi jumlah produksi sawit pada masa yang akan datang. Salah satunya masih ada regulasi yang kurang sinkron, ini yang harus kita selesaikan dengan pemerintah secara bersama,” ujar Eddy, dikutip dari Antaranews.

Pelaksanaan program PSR tumpang sari dengan tanaman Padi Gogo itu dihadiri Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian (Kementan) Ardi Praptono, Pengurus GAPKI pusat dan Kalsel, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Pemprov Kalsel, Pemkab Kotabaru, Koperasi Unit Desa (KUD) Gajah Mada, beserta para pihak terkait. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA