Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kota Tua Direncanakan Jadi Kawasan Mahal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Kamis, 13 Desember 2012, 14:42 WIB
Kota Tua Direncanakan Jadi Kawasan Mahal
ilustrasi
rmol news logo Pemprov DKI Jakarta berencana menambah anggaran penataan kawasan wisata sejarah, Kota Tua, hingga Rp 150 miliar pada 2014. Dengan anggaran yang cukup besar itu, Kota Tua bisa lebih bagus dari kondisi sekarang sehingga mampu menyedot kunjungan wisatawan.

Dengan anggaran sebesar itu, Pemprov DKI akan duduk bersama dengan para pemangku kepentingan untuk perencanaan penataan Kota Tua terlebih dahulu dan barulah pada 2014 penataan mulai berjalan.

Seperti diterangkan dalam siaran pers Diskominfomas Provinsi DKI Jakarta, kawasan Kota Tua akan dibangun sebagai kawasan yang eksklusif seperti halnya kota bersejarah di negara lain. Sehingga, kawasan tersebut akan menjadi tujuan pariwisata yang memikat daya tarik turis. Penataan fisik akan dibarengi juga dengan penertiban preman, pengemis serta gelandangan yang selama ini kerap memanfaatkan kawasan Kota Tua sebagai tempat mangkal.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T. Purnama, mengatakan, kawasan itu akan jadi kawasan mahal dan eksklusif.

Namun, untuk rencana jangka pendek, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat akan menertibkan para pedagang kaki lima (PKL) dengan ditempatkan pada suatu tempat agar tertata. Selain itu, dalam waktu dekat akan dijernihkan Kali Besar, karena memiliki potensi wisata air yang menarik.

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua, Gathut Dwi Hastoro menyambut baik gagasan wakil gubernur. Menurutnya, waktu tersebut terbilang pas untuk membenahi kawasan Kota Tua.

Ia juga sependapat, penataan yang paling utama dengan dana tersebut, adalah memperbaiki kawasan sepanjang Kali Besar.
Kawasan Kali Besar merupakan yang terpenting. Dana ratusan miliar bisa digunakan untuk membuat jalur pejalan kaki yang nyaman, jalur sepeda, penerangan, kebersihan, dan penghijauan.

Kota Tua terbagi 5 zona. Maka untuk itu akan ada tahap-tahap untuk menuju perbaikan menyeluruh. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA