Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tunggu Kami di Timor Leste Kawan!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 15 Maret 2011, 20:47 WIB
<i>Tunggu Kami di Timor Leste Kawan!</i>
RMOL. Dua wartawan Tempo Semanal Cristovao da Costa dan Domingos da Costa telah kembali ke tanah air mereka, Timor Leste, pagi tadi (Selasa, 15/3). Kedua anak muda enerjik yang mudah senyum itu berada di Jakarta satu bulan lamanya.

Keduanya datang dengan misi khusus: mematangkan kemampuan penulisan berita di dalam bahasa Indonesia. Juga kemampuan mengelola media massa berbasis online.

Tempo Semanal, mingguan yang dirintis mantan pejuang kemerdekaan Timor Leste, José Antonio Belo, memang masih memuat satu-dua artikel dan berita di dalam bahasa Indonesia. Umumnya, berita yang mereka sajikan ditulis dalam tiga bahasa, yakni Portugis, Inggris, dan tentu saja, Tetum.

Selama di Jakarta, Chris dan Domingos menghabiskan hari-hari mereka di gedung DPR/MPR di Senayan. Sesekali mereka mengunjungi kota-kota lain yang ada di sekitar Jakarta, seperti Bogor, Bandung, dan Tangerang.

Program magang Chris dan Domingos digagas setelah dalam kunjungan ke Timor Leste bulan Desember lalu, Pemimpin Redaksi Rakyat Merdeka Online Teguh Santosa bertemu dengan José Antonio Belo. Kedua jurnalis senior itu sepakat memperkuat hubungan kedua media, juga hubungan masyarakat kedua negara.

Satu bulan memang tidak terlalu lama. Senin malam kemarin (14/3) awak RMOL dan kedua tamu agung dari Timor Leste menggelar perpisahan kecil-kecilan di Graha Pena.

Tempo Semanal kelihatannya serius untuk mengasah kemampuan menulis wartawannya dalam bahasa Indonesia. Menurut rencana, bila tak ada aral melintang, dua wartawan Tempo Semanal lainnya akan kembali mengunjungi RMOL untuk program yang kurang lebih sama.

Juga bila tak ada aral melintang, RMOL pun akan mengirimkan jurnalisnya ke Timor Leste dalam waktu dekat.

Karena itu, tunggu kami di Timor Leste kawan! [zul]


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA