Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buruh Tetap Demo Tuntut Upah Naik Meski Diguyur Hujan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 24 Oktober 2024, 13:25 WIB
Buruh Tetap Demo Tuntut Upah Naik Meski Diguyur Hujan
Aksi unjuk rasa Buruh di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Oktober 2024/RMOL
rmol news logo Ribuan buruh dari berbagai aliansi tetap menggelar aksi unjuk rasa di tengah guyuran hujan deras di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Oktober 2024. Dalam demo kali ini, para buruh menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) untuk tahun 2025.

Massa aksi membawa dua tuntutan utama. Pertama, naikkan upah minimum tahun 2025 minimal 8-10 persen. Kedua, cabut UU Cipta Kerja, khususnya klaster ketenagakerjaan dan perlindungan petani.

Aksi ini merupakan unjuk rasa perdana kaum buruh di pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menegaskan, bila aksi ini tidak didengar atau tanggapi, buruh di seluruh Indonesia mengancam akan melakukan mogok kerja.

"Jika pemerintah tetap tidak mau mendengar suara buruh, kami siap menghentikan produksi di seluruh Indonesia. Mogok nasional adalah langkah terakhir yang harus kami ambil," kata Iqbal.

Selama aksi digelar, pihak kepolisian menerapkan pengamanan untuk menjaga ketertiban dan mencegah potensi kerusuhan. 

Saat ini Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana juga terpaksa dialihkan sementara. Adapun arah sebaliknya masih bisa dilintasi. Masyarakat pun diimbau untuk mencari jalur alternatif. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA