Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usung Airin di Banten, Leadership Bahlil Makin Teruji

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 27 Agustus 2024, 23:56 WIB
Usung Airin di Banten, <i>Leadership</i> Bahlil Makin Teruji
Ketua Umum Golkar, Bahlil Lahadalia dan Airin Rachmi Diany/Repro
rmol news logo Keputusan Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, yang mengusung Airin Rachmi Diany sebagai calon Gubernur Banten di Pilkada 2024 mendapat banyak apresiasi.
HUT 79 RI

Menurut Direktur Eksekutif Partner Politik Indonesia, Abubakar Solissa atau AB Solissa Bahlil yang baru saja ditetapkan menjadi pucuk kepemimpinan tertinggi di partai berlambang pohon beringin telah menunjukkan kelasnya sebagai seorang pemimpin.

Bahlil, kata AB Solissa, dengan kemampuan komunikasi politik yang baik, berhasil mencari titik temu di tengah polemik pencalonan. Terutama dalam menjaga soliditas dengan partai-partai politik di internal Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait keputusan Golkar yang mengalihkan dukungan dari Andra Soni dan Dimyati Natakusumah ke Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi.

"Ketum Bahlil mampu menunjukkan kemampuan komunikasi politiknya di injury time. Selain tetap menunjukkan soliditas di internal KIM, tapi Bahlil juga tetap mempertimbangkan aspirasi kader dari internal partai yang menginginkan Airin tetap didukung oleh Golkar,” ujar AB Solissa, Selasa (27/8).

Lebih lanjut, AB Solissa menyatakan bahwa keputusan politik Bahlil di saat-saat genting menjelang pendaftaran ke KPU ini menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan teruji.

AB Solissa berpendapat Bahlil memiliki kompetensi untuk membawa Golkar sukses di Pilkada 2024, memperjuangkan kader internal, menjaga marwah partai, serta mampu mempengaruhi konstelasi politik nasional.

“Keputusan Bahlil dalam mendukung Airin di Pilgub Banten menunjukkan bahwa ia punya kemampuan leadership yang kuat dan teruji di saat-saat genting seperti ini. Tidak semua pemimpin partai mampu membuat kejutan di last minutes seperti yang dilakukan Bahlil,” ungkapnya.

Di sisi lain, dukungan Bahlil kepada Airin juga tidak lepas dari pertimbangan rasional dari beberapa hasil survei yang menunjukkan bahwa dukungan terhadap Airin dari masyarakat sangat tinggi.

“Kalau kita baca beberapa temuan survei, hampir semuanya menempatkan Airin di peringkat pertama sebagai cagub dengan elektabilitas tertinggi,” ungkapnya.

Ia mengutip salah satu survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru yang menunjukkan keunggulan Airin sangat signifikan dibandingkan dengan kompetitornya, Andra Soni.

Airin tercatat memiliki dukungan dari masyarakat sebesar 77,3 persen, sementara Andra Soni hanya di kisaran 10 persen.

“Yang terbaru misalnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 21 Agustus 2024 kemarin merilis temuannya. Hasilnya, bila skema head to head antara Airin dan Ketua DPD Partai Gerindra Banten Andra Soni, gapnya sangat jauh. Airin memiliki elektabilitas 77,3 persen dan Andra Soni hanya di kisaran 10 persen,” bebernya.

AB Solissa menjelaskan bahwa kontribusi Airin kepada Golkar selama ini juga dinilai cukup besar, pernah memimpin sebagai Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) selama dua periode, lalu menjadi calon legislatif (caleg) dapil Banten III dengan mendulang suara terbanyak.

“Selain itu, Airin juga adalah kader Golkar yang memiliki kontribusi besar terhadap partai di Banten. Sebelum ikut berkandidasi di Pilgub, Airin sukses mendulang suara secara signifikan saat maju sebagai caleg DPR RI pada Pileg 2024,” tukasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA