Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemilih Sudah Jenuh, Partisipasi PSU DPD Sumbar Rendah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 18 Juli 2024, 09:56 WIB
Pemilih Sudah Jenuh, Partisipasi PSU DPD Sumbar Rendah
Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini/Ist
rmol news logo Partisipasi pemilih pada pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Kota Pariaman, Sumatera Barat, hanya mencapai 29.794 atau 41,44 persen dari 71.902 pemilih.

Padahal KPU mengklaim sudah mensosialisasikan PSU Pemilu anggota DPD kepada masyarakat, baik melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) maupun kerja sama dengan berbagai pihak.

Menanggapi itu, Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, menyebut, PSU memang selalu membawa dampak.

"Brutalnya politik uang atau kejenuhan pemilih akibat kelelahan politik membuat mereka tidak terlalu antusias menggunakan hak pilih," kata Titi, lewat akun X miliknya, Kamis (18/7).

Rendahnya partisipasi pemilih itu, antara lain karena tidak sampainya Formulir C Pemberitahuan Pemilihan kepada pemilih, sebab ada pemilih tidak ada di tempat. Selain itu karena pelaksanaan pemungutan kali ini bersifat ulangan.

"Makanya, sejak awal semua harus kerja benar, supaya tidak terjadi kerugian publik seperti ini," tandas Titi.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA