Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dorong RK Lawan Anies di Jakarta, Jokowi Bikin Pilkada Rasa Pilpres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 18 Juni 2024, 13:15 WIB
Dorong RK Lawan Anies di Jakarta, Jokowi Bikin Pilkada Rasa Pilpres
Kebersamaan Ridwan Kamil dan Anies Baswedan/Istimewa
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakini akan kembali "cawe-cawe" dalam perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Keyakinan itu disampaikan Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, usai Jokowi mengumpulkan para ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Istana.

Kabarnya, dalam pertemuan itu turut membahas peluang Ridwan Kamil (RK) maju Pilgub Jakarta untuk menjadi rival Anies Baswedan yang kembali berkontestasi.

"Jika Jokowi tetap memaksakan RK di Jakarta itu artinya RK sebagai tumbal dalam ambisinya  menjegal Anies di Jakarta dan selanjutnya dalam Pilpres 2029," kata Andi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (18/6).

Padahal sebelumnya RK menyatakan ingin melanjutkan periode keduanya di Jawa Barat. Mengingat elektabilitasnya di tanah Pasundan masih tinggi dibandingkan di DKI.

Analis politik Universitas Nasional itu membaca, Jokowi sengaja mendorong RK maju di Pilgub Jakarta untuk meredupkan langkah Anies dan meringankan langkah putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka bisa maju Pilpres 2029.

"Jadi mengapa Anies harus diredupkan? Karena Jokowi punya putra mahkota di Pilpres 2029 mendatang. Maka Pilkada Jakarta 2024 ini nuansanya rasa Pilpres," pungkas Andi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA